Lifestyle

Tak Hanya Tumpeng, Ini Aneka Makanan Khas HUT RI

0
Makanan Khas 17 Agustus

STARJOGJA.COM, Merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia, tak lengkap rasanya jika tak menyantap makanan khas 17 Agustus dari berbagai daerah di Indonesia.

Makanan yang identik dengan hari kemerdekaan sangat istimewa, lantaran terdapat sejarah dan filosofis yang terkandung di dalamnya. Selain rasanya nikmat, makanan khas HUT RI ini juga mudah dibuat dan gampang ditemukan terutama saat perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Lantas, apa saja makanan yang menjadi menu wajib saat memperingati HUT RI?

Berikut ragam makanan khas 17 Agustus untuk rayakan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Tumpeng Merah Putih

Jika tumpeng pada umumnya berwarna kuning, tumpeng merah putih memiliki gradasi warna layaknya bendera Indonesia.

Warna merah putih ini berasal dari beras merah dan beras putih yang disajikan dalam bentuk mengerucut.

Makanan khas HUT RI ini biasanya dilengkapi dengan lauk pauk seperti telur, ayam goreng, perkedel, tempe, kentang, dan lainnya.

Menyantap tumpeng merah putih di Hari Kemerdekaan Indonesia dapat bermakna wujud syukur atas pencapaian yang berhasil diraih.

Telok Pindang

Telok pindang adalah sajian telur ayam yang direbus selama lima jam dengan campuran daun salam, kulit bawang, gula merah, dan asam jawa. Saat bulan Agustus tiba, telok pindang banyak dijajakan para penjual di kota Palembang.

Makanan ini pada awalnya hanya dihidangkan untuk memperingati ulang tahun ratu Belanda Wilhelmina di masa kolonial. Kini, menyantap telok pindang sudah menjadi tradisi unik untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Telok Abang

Makanan khas kemerdekaan lainnya yaitu telok abang atau telur merah.Telur ini direbus dengan campuran pewarna makanan yang aman untuk dikonsumsi.

Kudapan asal Palembang ini, dijadikan hiasan mainan yang dijual khusus saat 17 Agustus tiba. Biasanya, telok abang ditancapkan di atas mainan miniatur sehingga dapat menarik perhatian pembeli.

Bubur Merah Putih

Bubur merah putih termasuk salah satu makanan yang kerap disajikan saat hari kemerdekaan. Warna merah pada bubur berasal dari gula merah, sedangkan warna putih berasal dari campuran santan kelapa.

Bubur merah putih melambangkan rasa syukur, itulah sebabnya makanan ini sering ditemukan pada acara syukuran.

Mengonsumsi bubur merah putih saat HUT RI juga menandakan wujud syukur atas kemerdekaan Indonesia.

Klepon Merah Putih

Selain bubur merah putih, klepon merah putih juga bisa disantap untuk merayakan Kemerdekaan Indonesia. Umumnya, klepon berwarna hijau, namun khusus 17 Agustus, klepon dapat disajikan dalam warna merah dan putih.

Kue asal Jawa Tengah ini terbuat dari tepung beras ketan yang ditengahnya diisi dengan gula merah. Sensasi gula merah yang manis akan lumer di mulut begitu klepon dimakan.

Nasi Tiwul

Nasi tiwul terbuat dari singkong yang diracik dengan bumbu sederhana sebagai pelengkap rasa.

Makanan khas 17 Agustus ini menjadi pengingat betapa sulitnya keadaan ekonomi masyarakat Indonesia di masa penjajahan.

Sebab pada masa itu, rakyat pribumi dipaksa untuk menyerahkan seluruh hasil pangan kepada penjajah, termasuk beras. Kini, nasi tiwul bisa disantap dengan tambahan kelapa parut, gula merah, atau beragam lauk pauk.

Nasi Jagung

Sama seperti nasi tiwul, nasi jagung juga disantap masyarakat Indonesia pada zaman penjajahan, sebagai pengganti nasi. Nasi jagung terbuat dari jagung yang telah dipipil, dikeringkan, lalu dihancurkan.

Makanan yang sering ditemui di Jawa Tengah dan Jawa Timur ini, disantap dengan tempe goreng, ikan asin, urap sayur, dan sambal. Meski sederhana, nasi jagung ternyata merupakan makanan kesukaan Presiden Soekarno, loh!

Baca juga : The Gorgeous 14th StarFM 101.3FM

Ini Promo Special Kemerdekaan di HUT RI 17 Agustus 2023

Previous article

31 Diaspora Indonesia Kibarkan Sang Saka Merah Putih di Washington

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle