NewsNusantara

31 Diaspora Indonesia Kibarkan Sang Saka Merah Putih di Washington

0
diaspora washington

STARJOGJA.COM, WASHINGTON – 31 Diaspora Indonesia Kibarkan Sang Saka Merah Putih di Washington. Sebanyak 31 anggota paskibra diaspora Indonesia terpilih untuk mengibarkan Sang Saka Merah Putih pada peringatan hari kemerdekaan RI ke-78. Meski hidup jauh dari tanah air, para diaspora pengibar bendera tak kehilangan identitas mereka.

Panas terik mengiringi derap langkah pasukan pengibar bendera, atau paskibra, di lapangan Wisma Indonesia, rumah dinas Duta Besar RI di Tilden, Washington D.C., Selasa (15/8) lalu.

Peluh yang membasahi wajah dan seragam putih mereka tidak melunturkan semangat untuk menyelesaikan prosesi gladi bersih menjelang upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78. Sebelas remaja putri dan dua puluh remaja putra diaspora Indonesia usia 13-19 tahun diterjunkan ke lapangan, mayoritasnya telah lama tinggal atau justru lahir dan besar di AS.

Hanya dalam kurun waktu tiga minggu, selama libur musim panas sekolah, mereka yang telah diseleksi kemudian menempuh 12 kali latihan baris-berbaris secara intensif sejak 21 Juli lalu. Latihan itu dipimpin langsung oleh tim Atase Pertahanan KBRI Washington, di bawah pimpinan Marsekal Pertama Tjahja Elang Migdiawan. 31 Diaspora Indonesia Kibarkan Sang Saka Merah Putih di Washington

Melatih remaja diaspora bukan perkara mudah, terutama bagi mereka yang tidak bisa berbahasa Indonesia. “Mereka rata-rata dari kecil sudah hidup di (sini), sehingga faktor bahasa adalah kendala utamanya. Jadi kita latih mulai dari aba-aba yang paling dasar dan kita tekankan terus supaya mereka ingat,” jelas Migdiawan.

Cuaca panas yang menyengat juga menjadi tantangan selama masa latihan. Sejumlah anggota sempat pingsan saat berbaris di lapangan.

Meski demikian, pelatihan itu berbuah manis. Para anggota kini tidak hanya cakap baris berbaris, tapi juga mampu memahami dan memberi aba-aba dalam bahasa Indonesia.

Melihat kemajuan tersebut, Migdiawan berharap, setelah upacara kemerdekaan berakhir, anggota paskibra yang telah menjalankan tugas dapat berbagi pengalaman mereka dengan melatih “adik-adiknya” kelak, sehingga kegiatan paskibra itu berkesinambungan.

Tak Hanya Tumpeng, Ini Aneka Makanan Khas HUT RI

Previous article

The Kidnapping Day Film Black Comedy Korea Tayang 13 September 

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News