Lifestyle

Ini Manfaat Makan Malam Lebih Awal

0
Manfaat Makan Malam Lebih Awal

STARJOGJA.COM, Makan malam lebih awal bukan hanya bermanfaat untuk menjaga berat badan dan pencernaan, tetapi juga dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Ahli gizi Rashi Chowdhary mengatakan melatonin, hormon yang berperan dalam mengatur pola tidur akan mulai dilepaskan dalam aliran darah setelah matahari terbenam.

Ketika tubuh mendapatkan asupan makanan dalam jumlah besar setelah matahari terbenam, tubuh juga akan melepaskan insulin yang meningkatkan kortisol yang merupakan hormon stres, ini adalah respons metabolik dasar untuk mencerna makanan.

Masalahnya adalah kortisol dan melatonin bersaing satu sama lain dan dapat menyebabkan banyak masalah hormonal.  Jadi, ketika anda memulai makan malam lebih awal, tubuh akan mendapatkan cukup waktu untuk melepaskan melatonin.

Dilansir dari laman The Indian Express, berikut adalah beberapa manfaat makan malam lebih awal untuk tubuh.

Meningkatkan sistem pencernaan

Makan malam lebih awal memberikan tubuh lebih banyak waktu untuk mencerna makanan sebelum tidur. Hal ini dapat membantu mencegah masalah seperti refluks asam lambung atau gangguan pencernaan yang mungkin timbul ketika tubuh berbaring dengan perut kenyang.

Ketika makan malam lebih awal sebelum tidur, sistem pencernaan dapat bekerja lebih efisien, memecah dan menyerap nutrisi secara efektif.

Menstabilkan kadar gula darah

Makan malam lebih awal dapat membantu menjaga kestabilan kadar gula darah. Ketika mengonsumsi makanan dan memberikan waktu yang cukup bagi tubuh untuk mencernanya sebelum tidur, hal ini dapat membantu mencegah lonjakan kadar gula darah dan dapat meningkatkan kesehatan metabolisme secara keseluruhan.

Meningkatkan energi di pagi hari

Ketika makan malam lebih awal, tubuh memiliki lebih banyak waktu untuk mencerna makanan dan menyerap nutrisi. Hal ini dapat memberikan pelepasan energi yang stabil sepanjang malam hingga keesokan paginya.

Sumber :  Bisnis.com

Baca juga : The Gorgeous 14th StarFM 101.3FM

Dinkop UKM Sleman Fasilitasi 130 UKM Ikuti Pameran

Previous article

Pria Malas Menjawab Pesan, Ini Cara Mengatasinya

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle