Lifestyle

Kulit Tetep Sehat Di Musim Kemarau, Ini Tipsnya

0
waspada panas ekstrim

STARJOGJA.COM, Kulit merupakan salah satu organ tubuh manusia yang sangat penting. Maka dari itu penting menjaga kondisi kesehatan kulit.

Di musim kemarau seperti sekarang ini suhu udara yang cenderung lebih panas saat musim kemarau dapat menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan kulit, seperti wajah kusam, kulit kering, dan iritasi.

Berikut beberapa cara agar kulit anda tetap sehat pada saat musim kemarau.

Minum Air Putih

Saat musim kemarau, cuaca panas bisa menyebabkan tubuh dehidrasi dan kulit kering. Perbanyaklah minum air putih, terutama jika sehabis beraktivitas di luar ruangan atau di bawah sinar matahari yang terik.

Menurut penelitian dari University of Wisconsin–Madison School of Medicine and Public Health, minum setidaknya 8 gelas air putih dalam sehari bisa membuat kulit jadi bersinar dan lebih sehat.

Konsumsi sayur dan buah

Sudah bukan rahasia lagi kalau buah-buahan dan sayuran memiliki banyak sekali dampak positif untuk kesehatan tubuh, begitu juga dengan kesehatan kulit.

Buah dan sayuran mengandung banyak vitamin yang berfungsi sebagai antioksidan pelindung sel tubuh dan mineral yang membantu dalam proses pemulihan serta peremajaan sel. Dan semua itu bisa memberikan efek kulit yang cantik dan berseri.

Jadi bukan hanya perlindungan dari luar saja namun anda juga bisa menjaga kesehatan kulit dari dalam supaya kulit anda tetap sehat di musim kemarau ini.

Cuci muka

Mencuci muka bisa menjadi alternatif menjaga kesehatan kulit dengan biaya murah. Bermodalkan air dan kemauan.

Mencuci muka dapat membuang kotoran dan bakteri yang menempel di wajah setelah beraktivitas kuliah atau pun kerja. Anda bisa membersihkan muka saat sebelum tidur, dan setelah bangun tidur.

Selain itu bagi sebagian orang penumpukan keringat dapat memicu timbulnya jerawat. Untuk mengantisipasinya Anda bisa mencuci muka dengan menggunakan pembersih muka.

Gunakan tabir surya

Oleskan tabir surya di wajah dan kulit Anda setiap hari sebelum beraktivitas di luar ruangan. Tabir surya berfungsi untuk mencegah kanker kulit dan menjaga keremajaan kulit.

Baca juga : The Gorgeous 14th StarFM 101.3FM 

Pelembab

Bawa pelembap ke manapun Anda pergi agar dapat mengaplikasikannya ketika kulit terasa kering. Jika sering menghabiskan waktu di ruangan ber-AC, seperti ruang kelas perkuliahan, perkantoran dan lainnya, sangat dianjurkan bagi anda untuk menggunakan pelembab. Sebab ruangan yang dingin bisa membuat kulit kering.

Gunakan pelembab wajah dan kulit segera setelah mandi agar bisa mengunci kelembaban kulit lebih lama.

Hindari mandi dengan air terlalu panas

Mandi menggunakan air yang terlalu panas dapat membuat kulit menjadi kering dan mudah mengalami iritasi. Bahkan air yang terlalu panas akan mengikis minyak kulit lebih cepat. Karena itu, mandilah dengan air suhu ruangan atau air hangat. Hindari pula berendam terlalu lama karena dapat membuat kulit kering.

Pakai baju dan celana lengan panjang

Debu dan kotoran yang berhamburan di udara dapat menempel pada kulit dan memicu reaksi alergi atau iritasi kulit.

Jadi, lindungi tubuh Anda dengan memakai baju lengan panjang, celana lengan panjang, kacamata, dan topi. Anda bisa memilih pakaian dengan bahan katun supaya lebih mudah menyerap keringat sehingga kulit tidak mudah iritasi.

Baca juga : 14 Tahun Star FM : Terimakasih Para Mitra

Penderita Obesitas Ini Aktivitas Fisik yang Pas, Jalan Kaki

Previous article

Survei : Lebih dari 85% Gen Z Nonton FIlm Di Rumah Via Streaming Platform

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle