HealthLifestyle

Penderita Obesitas Ini Aktivitas Fisik yang Pas, Jalan Kaki

0
obesitas anak

STARJOGJA.COM, Info – Penderita obesitas ingin agar berat badannya turun dengan berbagai aktivitas fisik. Dokter Spesialis Gizi lulusan Universitas Indonesia (UI) Maryam mengatakan jalan kaki secara rutin dan terjadwal dapat menjadi aktivitas yang pas untuk dilakukan.

“Aktivitas fisik ini penting bagi orang dengan obesitas. Hal yang paling mudah dilakukan yaitu jalan kaki, karena dengan kelebihan lemak tubuh, saat berjalan pun mereka membutuhkan usaha. Sehingga, jalan kaki selama setengah jam dalam satu hari sudah ideal dan sangat baik,” kata dokter Maryam dalam diskusi yang berlangsung di Jakarta, Rabu.

Adapun pembentukan rutinitas untuk aktivitas fisik bagi penderita obesitas menjadi salah satu bagian dari intervensi mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Setelah aktivitas fisik berjalan kaki sudah rutin dilakukan, Maryam mengatakan penderita obesitas bisa menambah aktivitas fisik lainnya seperti berjalan cepat hingga bersepeda dengan sepeda statis.

“Untuk aktivitas fisik yang memiliki gerakan meloncat atau jump tidak disarankan bagi orang dengan obesitas karena berpotensi menyebabkan cedera lutut,” katanya.

Dokter yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia (PDGKI) itu kemudian mengingatkan selain aktivitas fisik, penderita obesitas juga perlu mengubah komposisi makanan, pola tidur, hingga pengelolaan stres.

Untuk komposisi makanan bagi penderita obesitas, Maryam menyarankan komposisi itu terdiri atas protein, karbohidrat, lemak, dan serat sehingga tubuh tetap mendapatkan nutrisi yang seimbang.

Secara rinci komposisi itu bisa terdiri atas 50 persen karbohidrat, protein dengan formula 0,8-1,2 gram/kilogram berat badan per hari, lemak 25 persen, serat 20-30 gram per hari.

Tak lupa Maryam mengingatkan bahwa penderita obesitas juga harus bisa mengatur pola tidur agar tidak terlalu larut dan mengelola stres agar tetap dapat menjaga hormon dapat seimbang.

“Jadi tidak cuma mengatur komposisi makanan dan juga aktivitas fisik tapi juga pola tidur dan pengelolaan stres perlu diperhatikan. Karena apabila kekurangan waktu tidur dan juga stres tidak dikelola dengan baik maka hormon lapar atau ghrelin ini bisa terus meningkat produksinya dan membuat penderita obesitas terus merasa lapar,” kata Maryam.

Kasus obesitas atau berat badan berlebih di Indonesia menjadi salah satu kasus yang menjadi perhatian pemerintah. Dalam data Kementerian Kesehatan diketahui 1 dari 3 orang dewasa Indonesia mengalami obesitas.

Tak terkecuali pada anak-anak, didapati hasil 2 dari 5 anak usia 5-12 tahun juga mengalami masalah kelebihan berat badan.

Dalam Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 juga terlihat terdapat tren peningkatan berat badan pada orang dewasa Indonesia.

Peningkatan kasus berat badan berlebih ini meningkat dua kali lipat dari data Riskedas 2007 yang berjumlah 19,1 persen, naik di 2018 menjadi 35,4 persen.

Sumber : Antara

Baca juga : Cek, Ini Contoh Menu Makan Harian Demi Cegah Obesitas

Bayu

Jadwal Pemadaman Listrik DIY, Kamis 7 September 2023

Previous article

Kulit Tetep Sehat Di Musim Kemarau, Ini Tipsnya

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health