Lifestyle

Dahulu Hanya Ada Saat Maulid Nabi, Ini Sejarah Nasi Liwet Solo

0
Sejarah Nasi Liwet Solo

STARJOGJA.COM, Masyarakat Jawa Tengah dan sekitarnya pasti tidak asing dengan nasi liwet atau sego liwet. Hidangan khas Kota Solo ini berupa nasi gurih yang diolah menggunakan air santan. Sering sekali menjadi menu favorite untuk makan pagi maupun makan malam.

Nasi liwet khas Kota Solo berbeda dengan nasi liwet yang berada di Jawa Barat maupun daerah lainnya. Ciri khas dari nasi liwet Kota Solo, yaitu nasi dengan bumbu gurih dan disiram dengan kuah sayur labu siam.

Pendamping untuk makan nasi liwet pun beragam, bisa menggunakan ayam suwir maupun telur rebus. Selain itu, penyajian nasi liwet juga unik, yakni disajikan dengan menggunakan daun pincuk yang menjadikan penikmat nasi liwet merasakan sensasi yang berbeda.

Baca juga : The Gorgeous 14th StarFM 101.3FM

Sejarah

Sejarah nasi liwet berasal dari masyarakat desa Menuran, Kabupaten Sukoharjo yang menjual nasi liwet seperti makanan yang pada umumnya dijual saat itu. Namun tak disangka penggemar nasi liwet ini semakin lama semakin banyak dan kini menjadi salah satu menu andalan masyarakat Solo. Sehingga tidak sedikit orang-orang mulai tertarik untuk membuka bisnis kuliner nasi liwet.

Sejarah lain juga menyebutkan bahwa nasi liwet merupakan salah satu menu yang sering kita temukan ketika Maulid Nabi. Awal mula terciptanya nasi liwet yaitu dikarenakan masyarakat setempat terinspirasi dengan nasi samin yang digadang-gadangkan merupakan salah satu menu favorite nabi.

Namun, dikarenakan pada saat itu masyarakat tidak dapat menemukan minyak samin makan sebagai penggantinya tercetuslah nasi liwet yang terbuat dari air kelapa.

Bahkan, nasi liwet telah dikukuhkan menjadi ikon kuliner Kota Solo. Banyaknya penjual nasi liwet di kota ini, membuat nasi liwet dinobatkan menjadi salah satu ikon kuliner Kota Solo.

Anda bisa menemukan banyak sekali penjual nasi liwet disini, salah satunya yang terkenal, yaitu Nasi Liwet Yu sani yang berada di Jalan Veteran daerah Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon Solo. Harga untuk satu porsi Nasi Liwet disini terbilang cukup murah dengan porsi melimpah.

Jika berkunjung ke Kota Solo, jangan lupa mencobanya ya!

Sumber : Pemkot Solo 

Baca juga : 14 Tahun Star FM : Terimakasih Para Mitra

Baru Putus Cinta, Jangan Lakukan Ini!

Previous article

Bernama Asli Tou Luk Pia, Ini Sejarah Bakpia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle