Flash InfoLifestyleNews

Tak Mudah Menemukan Tempat Sampah di Jepang

0
tempat sampah jepang
Proses pemilahan sampah di Jepang sebelum didaur ulang atau dibakar. - Flickr

STARJOGJA.COM, INFO – Warga di Jepang terbiasa untuk tidak membuang sampah sembarangan. Jika tidak menemukan tempat sampah, yang mereka lakukan, yaitu mengantonginya, dan membawanya pulang di penghujung hari untuk dibuang dengan benar.

Banyak hal unik yang bisa ditemukan di Jepang. Negara yang dijuluki negeri 1000 vending machine atau mesin penjual otomatis itu rupanya justru tidak banyak memiliki tempat sampah.

Melansir Tsunagu Japan, negara Jepang berpotensi menghasilkan banyak sampah namun tidak banyak tempat untuk membuangnya, tidak seperti negara-negara lain yang berpenduduk besar seperti AS dan Tiongkok.

Ada dua alasan mengapa kota-kota besar di Jepang tidak memiliki banyak tempat sampah umum. Alasannya yaitu dapat mendorong kebiasaan minimalisasi sampah dan keamanan.

Alasan lainnya adalah keamanan. Pada tahun 1995, sistem kereta bawah tanah Tokyo menjadi korban aksi terorisme domestik yang dikenal sebagai Serangan Sarin Kereta Bawah Tanah Tokyo. Para penyerang menggunakan gas sebagai senjata utama mereka, menewaskan 12 orang, melukai 1.000 orang dan selamanya berdampak pada jiwa bangsa

Anggapan warga Jepang menjelaskan bahwa jika jumlah tempat sampah lebih sedikit, peluang untuk menyembunyikan barang-barang yang mungkin berbahaya akan lebih kecil. Saat ini sebagian besar tempat sampah yang Anda temukan ditujukan untuk sampah biasa juga transparan demi keamanan.

Setelah dibuang, sampah itu bukannya dicampur atau ditumpuk di tempat sampah saja. Pembuangan limbah di Jepang lebih kompleks dibandingkan kebanyakan negara lain, karena sebagian besar di antaranya untuk didaur ulang. 

Vidi “comeback” tampilkan citra dirinya yang baru

Previous article

Dikira Kucing, Perempuan ini Selamatkan Bayi Panther

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info