Flash InfoJogjaKUWisata

Lima Kuliner Kulon Progo Yang Harus dicoba!

0
kuliner kulon progo

STARJOGJA.COM, KULON PROGO – Ada Lima Kuliner Kulon Progo Yang Harus dicoba! Kulon Progo jadi salah satu magnet baru wisata di DIY. Sejumlah obyek wisata alam dan kulinernya jadi tujuan masyarakat.

Nah kalau star lovers ke Kulon Progo jangan lupa icipin lima jajanan khas Kulon Progo ini.

1. Geblek

Geblek merupakan makanan khas Kulon Progo yang sedap disantap saat masih panas. Geblek dibuat dengan adonan tepung singkong (tapioka) dan hanya dibumbui bawang putih dan garam.

Adonan tersebut dibentuk menyerupai angka delapan kemudian tinggal digoreng dan siap dihidangkan. Panganan ini lebih mantap jika disantap dengan lauk tempe besengek atau sengek benguk.

Banyak yang bilang belum lengkap ke Kulon Progo kalau belum nyobain yang satu ini!

2. Slondok Kalibawang

Selain Geblek, Kulon Progo juga punya Slondok Kalibawang loh! Slondok adalah makanan khas Kulon Progo yang banyak diproduksi di Kecamatan Kalibawang. S

Sama seperti geblek, slondok juga berbahan dasar tepung tapioka yang dibumbui, kemudian digoreng. Bentuk slondok menyerupai lanting.

3. Dawet Sambel Girimulyo

Dawet yang biasanya dicampur dengan air gula dan santan, kini dicampuri juga dengan sambel, bahkan ditaburi bawang goreng, irisan seledri, dan kecambah. Unik bangetkan?
Itulah dawet sambel atau dawet pecel khas Kulon Progo. Manis-pedasnya bakal bikin star lovers ketagihan. Dawet pecel dapat ditemukan di sekitar Curug Setawing, Girimulyo, Kulon Progo.

4. Kopi Menoreh

Meski dibuat dengan cara tradisional ala perbukitan Menoreh, kopi ini memiliki cita rasa yang khas dan nikmat. Kopi Menoreh dapat ditemukan di kawasan wisata Sidoarjo, Samigaluh, Kulon Progo.

5. Gula Semut

Gula semut adalah gula khas Kulon Progo yang dibuat dari air nira (gula Jawa) yang dikristalkan. Gula semut dapat digunakan sebagai bumbu dan campuran minuman layaknya gula pasir. Gula ini juga bisa diseduh dan langsung diminum.

Ini Bahaya Tidur di samping Handphone

Previous article

KPU Sleman Terima Estafet Bendera Kirab Pemilu 2024

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info