Kab GunungkidulNews

PLN Yogyakarta Salurkan Bantuan Air Bersih ke Warga

0
bantuan air bersih

STARJOGJA.COM, WONOSARI – PLN UP3 Yogyakarta lewat program PLN Peduli,akhir pekan lalu, menyalurkan 230 Tangki Air Bersih ke 2.321 Kepala Keluarga (KK) . Warga terdampak itu tinggal di 12 kelurahan Kapanewon Purwosari Kabupaten Gunung Kidul. Kegiatan ini merupakan respon dari PLN terhadap kondisi cuaca panas yang terjadi di Yogyakarta dan sekitarnya.

Purwono, S.P, M.Si. Ketua BPBD Kabupaten Gunung Kidul yang hadir dalam penyerahan simbolis air bersih di Padukuhan Nglegok, Giritirto, Purwosari menyampaikan, bahwa kondisi cuaca panas beberapa minggu terakhir terjadi karena adanya El Nino di Samudera Pasifik, yang mempengaruhi waktu turunnya hujan di beberapa daerah. Ia melanjutkan bahwa hujan yang sejatinya turun di Bulan Oktober, ternyata sampai akhir Oktober ini belum juga turun.

“Keadaan ini mempengaruhi ketersediaan sumber mata air lokal, terutama di Kabupaten Gunung Kidul bagian barat. Dari prediksi BMKG, diperkirakan hujan baru akan turun di Bulan November, sedangkan debit air dan jatah dropping air bersih untuk Kapanewon Purwosari mulai menipis”, tuturnya.

Bantuan air bersih dari PLN ini, menurut Purwono sangatlah berguna bagi masyarakat di Kapanewon Purwosari, dan disambut baik oleh masyarakat. “Untuk itu kami sangat berterimakasih atas bantuan air bersih dari PLN, Kami dalam hal ini menggandeng Tim Reaksi Cepat (TRC) di Kapanewon Purwosari untuk pendistribusian air bersih ini, agar sampai ke masyarakat tepat waktu”, sambung Purwono.

Asnanta, Dukuh Nglegok Kelurahan Giritirto menyampaikan rasa terumakasihnya kepada PLN atas bantuan air bersih kepada masyarakat di Padukuhannya. Ia menuturkan bahwa saat ini 127 KK dan 387 jiwa masyarakatnya memang bergantung pada dropping air bersih dari pemerintah.

“Dengan bantuan ini kami berharap kebutuhan air bersih seluruh Masyarakat Kapanewon Purwosari Gunung Kidul termasuk Pasukuhan Nglegok, bisa terpenuhi”, tutup Asnanta.

Adi Dwi Laksono, Manager UP3 Yogyakarta menyampaikan bahwa Program Penyaluran Air Bersih ini merupakan rangkaian kegiatan Hari Listrik Nasional (HLN) Ke-78. Dan ini dilakukan di seluruh Wilayah kerja PLN UID Jateng DIY yang masyarakatnya mengalami kekeringan akibat kemarau panjang.

Selain di Kabupaten Gunung Kidul, PLN UP3 Yogyakarta juga menyalurkan bantuan air bersih ke Kabupaten Kulon Progo, untuk 1675 jiwa di Kelurahan Giripurwo Kapanewon Girimulyo Kulon Progo.

Adi berharap bantuan air bersih ini bisa mencukupi kebutuhan masyarakat yang terdampak kemarau panjang.”Kami berharap bantuan dropping air bersih ini bisa memenihi kebutuhan masyarakat yang dilanda kekeringan, hingga nanti masuk ke musim penghujan”.

Losarium Resto Sajikan Masakan Khas Kerajaan Mataram

Previous article

UGM Kembangkan Teknologi Mengatasi Kesehatan Mental

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *