Lifestyle

Pengen Staycation? Yuk, Simak Manfaat dan Tipsnya!

0
sehat libur panjang
Ilustrasi liburan

STARJOGJA.COM, Beberapa waktu belakangan ini, istilah staycation ngetrend di tengah masyarakat. Staycation menjadi pilihan yang tepat ketika ingin menghabiskan waktu liburan di dalam kota.

Sebenarnya, apa arti staycation?

Mengapa staycation ini banyak dijadikan sebagai pilihan? Bagaimana agar staycation yang dilakukan bisa lebih menyenangkan? Simak artikel berikut ini.

Staycation merupakan penggabungan dari kata stay serta cation. Stay memiliki arti tetap, sedangkan cation berasal dari kata vacation yang memiliki arti liburan. Kedua kata ini kemudian diterjemahkan bebas oleh masyarakat.

Tetapi, jika menurut Andas Cambridge, staycation adalah liburan yang dilakukan di rumah atau di tempat yang tidak jauh dari rumah. Dibandingkan dengan berpergian ke tempat lain, akan lebih menyenangkan jika menjadi turis di tempat sendiri.

Dari sejumlah sumber lain, istilah ini juga diartikan sebagai sebuah liburan yang dilakukan dengan menetap di sebuah tempat. Budget yang terjangkau serta waktu liburan yang terbatas menjadi alasan mengapa healing staycation ini sering dilakukan.

Meskipun hal tersebut bukan konsep awal yang dimaksud dengan staycation. Awalnya, staycation muncul ketika krisis ekonomi tahun 2008 di negara Amerika. Pada tahun tersebut, banyak orang yang harus membatasi pengeluaran dan membatasi anggaran liburan.

Karena kurangnya dana untuk berpergian ke luar negeri, akhirnya mereka melakukan berbagai hal menarik di lingkungan terdekat. Di waktu yang sama, kehadiran pariwisata dan transportasi semakin meningkat.

Di Indonesia, sejumlah kota besar seperti Yogyakarta, Semarang, Jakarta, Medan dan Bandung menjadi destinasi yang popular staycation.

Tips Staycation di Hotel

Agar nantinya kegiatan staycation menjadi semakin menyenangkan, berikut tips memilih hotel untuk staycation, antara lain:

Pilih Lokasi Strategis

Umumnya, ketika staycation Anda akan mengeksplore sejumlah tempat wisata yang dekat dengan hotel tempatmu menginap. Oleh sebab itu cek spot kuliner yang bisa Anda coba. Tujuannya, agar Anda bisa staycation sembari mencoba kuliner yang berada di dekat hotel.

Namun, bila tujuan Anda staycation untuk menikmati suasana yang sepi serta santai, Anda bisa memilih staycation yang jauh dari tempat keramaian.

Baca juga : The Gorgeous 14th StarFM 101.3FM 

Fasilitas Yang Dimiliki

Seperti penjelasan apa arti staycation di atas, karena Anda hanya berada di hotel, Anda harus memilih hotel dengan fasilitas yang lengkap. Fasilitas seperti pusat kebugaran, kolam renang, hingga layanan spa dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

Sehingga, selain hanya bersantai di hotel, Anda dapat menikmati sejumlah fasililitas lain yang disediakan oleh hotel tersebut.

Lihat Review Hotel

Tidak jarang, foto yang menampilkan fasilitas hotel tidak sesuai dengan aslinya. Oleh sebab itu, sebisa mungkin cek review hotel yang akan dijadikan sebagai pilihan staycation.

Anda juga bisa melihat komentar serta pendapat dari tamu yang menginap di sana. Bila ulasan hotel tersebut kurang meyakinkan, lebih baik Anda mencari hotel lain dengan review positif.

Budget

Masalah menjadi hal yang tidak kalah penting untuk menentukan mana hotel yang akan dijadikan sebagai pilihan staycation. Anda bisa menentukan berapa budget maksimal yangakan Anda keluarkan untuk memesan hotel.

Agar lebih hemat, Anda juga bisa memanfaatkan promo yang ditawarkan oleh hotel maupun sejumlah penyedia situs pemesanan hotel.

Baca juga : Star Insight Oktober 2023

Sumber : Amarta.com

Jadwal Pemadaman Listrik DIY, Sabtu, 25 November 2023

Previous article

Gaji Perempuan Lebih Tinggi Bisa Jadi Pemantik Kekerasan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle