Lifestyle

Cara Mengatasi Rasa Gugup Saat Interview Kerja

0
Cara Mengatasi Rasa Gugup Saat Interview Kerja

STARJOGJA.COM, Merasa gugup atau grogi saat interview merupakan hal yang lazim dirasakan oleh setiap orang yang melamar pekerjaan. Walaupun demikian, penting untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi rasa grogi tersebut agar proses wawancara berjalan lancar.

Anda mungkin pernah mengalami munculnya perasaan yang campur aduk saat berada di perusahaan impian untuk melakukan wawancara kerja. Mulai dari rasa senang karena diberi kesempatan bercampur dengan rasa khawatir karena takut gagal.

Agar proses wawancara berjalan lancar dan berujung dengan kesuksesan, ada tips yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi hal tersebut. Kelima tips untuk mengatasi perasaan gugup saat melakukan wawancara kerja diantaranya adalah sebagai berikut.

Berdoa

Tips pertama sebelum masuk ke sesi wawancara kerja adalah jangan lupa untuk berdoa. Panjatkan doa kepada Tuhan dan mintalah agar diberi kekuatan dan ketenangan saat duduk di depan pewawancara.

Memohon untuk diberi kemudahan dalam menghadapi proses wawancara juga perlu Anda panjatkan. Intinya, dengan berdoa akan membuat Anda merasa lebih rileks dan tenang baik terhadap diri sendiri maupun terhadap wawancara tersebut.

Bahkan, dengan berdoa juga bermanfaat untuk meningkatkan rasa percaya diri dan yakin akan berhasil melakukan proses wawancara dengan lancar.

Berpakaian Rapi dan Datang Lebih Awal

Tips tidak gugup sekaligus mendapat poin plus saat wawancara kerja yang kedua adalah datang lebih awal dari jam yang telah ditentukan. Pihak perusahaan akan lebih menghargai calon pekerja yang seperti ini.

Untuk itu, sangat disarankan untuk hadir 15-30 menit lebih awal. Ini dimaksudkan agar Anda tidak terlalu buru-buru sekaligus bisa menenangkan diri. Menurut Forbes, dengan cara datang lebih awal sangat ampuh untuk mengurangi rasa grogi saat interview.

Disamping itu, Anda juga bisa melihat situasi perusahaan saat jam kerja berlangsung. Satu hal yang harus diperhatikan adalah, jangan lupa untuk mengenakan pakaian yang rapi dan sopan.

Anda bisa mencari tahu pakaian seperti apa yang biasa digunakan staf di perusahaan tersebut. Apakah mengenakan seragam khusus dari perusahaan atau pakaian bebas namun tetap rapi dan sopan.

Baca juga : The Gorgeous 14th StarFM 101.3FM 

Tetap Tenang dan Berpikir Positif

Saat melakukan interview kerja, usahakan untuk tetap berpikir positif dan tenang di depan pewawancara. Hindari memikirkan hal-hal tidak penting yang justru akan membuat Anda semakin gugup.

Lebih baik pikirkan hal-hal yang bisa membuatmu senang. Bila perlu, ajak orang terdekat untuk menemani pergi ke lokasi wawancara biar hal tersebut bisa membantu agar bisa fokus dan menjadi lebih tenang.

Siapkan Materi Pertanyaan  dan Jawaban yang Sering Ditanyakan saat Interview

Mengatasi rasa gugup ketika akan wawancara bisa dilakukan dengan cara menyiapkan diri secara matang. Persiapan tersebut berupa membuat catatan tentang materi pertanyaan beserta jawaban yang kerap diajukan oleh pewawancara.

Misalnya, informasi semua hal tentang perusahaan, pengalaman kerja, visi dan misi, besaran gaji yang diminta, dan sebagainya.

Menjaga Sikap

Tips terakhir agar tidak gugup adalah dengan menjaga sikap saat wawancara berlangsung. Usahakan posisi duduk tidak terkesan terlalu santai, sopan saat berbicara, dan menjaga kontak mata serta bahasa tubuh. Selain itu, hindari membuat gerakan yang tidak perlu seperti menyilangkan kaki atau menggaruk kepala.

Baca juga : Star Insight Oktober 2023

Sumber : Amarta.com 

Budget 200 Ribu Seminggu?  Begini Cara Mengaturnya

Previous article

Yuk Dukung Sustainable Fashion

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle