Lifestyle

Yuk Dukung Sustainable Fashion

0
Dukung Sustainable Fashion

STARJOGJA.COM, Istilah sustainable fashion tentunya sudah sering terdengar di telingamu. Dengan demikian, Anda pun jadi mulai memikirkan kembali sejumlah hal terkait pakaian yang Anda miliki. Atau, lebih mendalam lagi yakni tentang penghasilan buruh pabrik pakaian.

Jika Anda pernah mengalami atau memikirkan 2 hal yang telah tersebut di atas, maka sebaiknya Anda mendukung gerakan busana berkelanjutan ini. Namun, apabila Anda baru mulai memikirkannya, tidak ada kata terlambat, Anda pun bisa mendukung gerakan ini.

Oh iya, secara pengertian, busana berkelanjutan atau sustainable fashion adalah gerakan yang mendukung perubahan terkait produk dan industri fashion agar memenuhi integritas ekologi serta pemerataan keadilan sosial.

Poin utama gerakan sustainable fashion bukanlah sekedar tentang bahan dan tekstil yang dipergunakan dalam suatu produk fashion. Namun, semua sistem mode, termasuk sistem, budaya, sosial, ekologi, serta ekonomi pun merupakan gol dari gerakan ini.

Memperluas Pengetahuan Akan Seluk Beluk Industri Fashion

Produk dari fast fashion dapat dimiliki dengan mudah sebab harganya ditekan serendah mungkin. Tenaga kerja pabrik yang bertugas menjahit tekstil atau pakaian demi produk murah diberikan upah super kecil.

Dengan demikian, Anda dapat membuka dan mengecek laman resmi merek pakaian favoritmu. Setelah itu, Anda dapat menanyakan upaya dan dukungan mereka untuk keberlanjutan.

Apabila terdapat mereka tidak memiliki upaya dan dukungan untuk sustainable fashion, Anda dapat melakukan tindakan seperti menulis surat untuk tujuan kantor pusat. Surat tersebut dapat berisi kritikanmu, pertanyaanmu, maupun pernyataanmu.

Belilah Produk Fashion yang Fleksibel

Pada setiap hendak membeli pakaian, Anda dapat mengecek apakah modelnya telah Anda miliki. Namun di lain sisi, Anda juga harus mempertimbangkan apakah pakaian tersebut cocok dipadupadankan bersama pakaian lain dalam lemarimu.

Rapikan Kembali Lemari Pakaianmu

Apabila Anda memiliki segudang koleksi dan model pakaian, Anda dapat mengeceknya kembali lalu mencari cara agar pakaian lama bisa terlihat baru.

Nah, salah satu cara untuk mendukung sustainable fashion ini yakni dengan berkreasi dalam mengenakan pakaian-pakaian tersebut. Anda dapat mendapat inspirasi dari majalah maupun media sosial.

Memperbaiki Kerusakan pada Pakaian

Anda tidaklah perlu penjahit profesional demi melakukan perbaikan pada pakaianmu yang rusak. Kancing atau jahitan yang gagal terpasang maupun terlepas bisa mudah diperbaiki.

Apabila Anda bingung hendak memulai dari mana, terdapat banyak sekali tutorial YouTube bagi pemula.

Membeli Produk Lokal

Ketika Anda membeli produk fashion lokal, maka produksi serta rantai pasokan terputus drastis. Lalu, produsen maupun penjual umumnya dapat memberi informasi mengenai cara produk tersebut diproduksi serta sumber bahannya.

Dengan begini Anda dapat mengetahui, siapa sajakah yang sudah Anda untungkan sewaktu membeli pakaian.

Melalui pembelian produk lokal, Anda pun sudah mendukung sustainable fashion di Indonesia, termasuk pemilik bisnis dan ekonomi dalam proses penciptaan evolusi dunia mode layaknya yang Anda impikan.

Nah, bagi Anda yang ingin berpartisipasi dalam gerakan ini, Anda dapat memulainya dengan bisnis pakaian bekas atau thrift shop.

Baca juga : The Gorgeous 14th StarFM 101.3FM 

Membeli Produk Fashion Bekas Maupun Penjualan Amal

Dengan membeli produk fashion bekas, maka Anda berarti mengembalikan nilai untuk pemilik pertama, bisa juga memberikan pendapatan untuk penjual yang profitnya dapat digunakan demi beramal.

Melalui dukungan sustainable fashion ini, maka penghematan lingkungan secara signifikan pun dapat tercapai sebab ketiadaan pemrosesan maupun produksi tambahan.

Melalui cara ini, nilai pun dipertahankan pada perekonomian serta tidak hilang menuju tempat pembuangan limbah atau sampah.

Baca juga : Star Insight Oktober 2023

Sumber : Amarta.com 

Cara Mengatasi Rasa Gugup Saat Interview Kerja

Previous article

Tahun Baru di Magical Forest Royal Ambarrukmo Yogyakarta dengan Gleams of Wonderland

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle