Lifestyle

Perlukah Bridesmaid dalam Pernikahan? 

0
Perlukah Bridesmaid dalam Pernikahan? 
Bridesmaid dalam Pernikahan 

STARJOGJA.COM, Sewaktu menikah, tentu Anda ingin bisa bersama orang-orang tersayang seperti keluarga, kerabat, dan sahabat terdekat. Tidak jarang, mereka kemudian Anda pilih untuk menjadi bridesmaid dalam pernikahan.

Lantas, apa itu bridesmaid? Seberapa penting keberadaan mereka? Mari simak ulasan ini untuk mengetahui jawabannya.

Pengertian Bridesmaid

Bridesmaid artinya sosok yang bertugas untuk menemani sang pengantin mulai dari sejak acara dimulai hingga acara selesai. Biasanya, orang-orang yang menjadi bridesmaid terdiri dari teman terdekat, kerabat, atau bahkan saudara kandung.

Tugas dari bridesmaid sendiri, selain menjadi teman bagi pengantin di hari pernikahan, juga membantu menyiapkan acara pernikahan itu sendiri. Biasanya, bridesmaid akan menemani pengantin melakukan prosesi bridal shower, membantu memilih gaun yang tepat untuk acara sakral tersebut. Tidak jarang juga menjadi tempat berkeluh kesah sang pengantin menjelang hari H acara.

Namun, di antara sekian banyak tugas pendamping penganting wanita, hal yang paling menarik adalah pakaian seragam yang mereka kenakan. Pasalnya, kehadiran mereka dapat mempercantik foto pernikahan itu sendiri.

Syarat Bridesmaid

Tidak ada syarat khusus untuk Anda menjadi seorang pendamping pengantin wanita. Sebab, biasanya yang memutuskan adalah calon mempelai itu sendiri. Umumnya, akan mengambil orang yang disayang dan dianggap paling dekat hubungannya.

Untuk jumlah bridesmaid pun tidak ada aturan yang ditetapkan harus minimal dan maksimalnya berapa orang. Hal ini tentu disesuaikan dengan kerabat yang akan diundang untuk menjadi pendamping oleh calon mempelai wanita serta modal nikah yang telah disiapkan

Pasalnya, calon mempelai perlu memberikan kain seragam yang nantinya bisa dijahit sesuai selera masing-masing pendamping. Meskipun bentuknya beda, tetapi warna yang serupa tetap bisa mempercantik foto pernikahan.

Baca juga : The Gorgeous 14th StarFM 101.3FM 

Apakah Penting Menggunakan Pendamping Wanita di Pernikahan?

Untuk adat pernikahan di Indonesia sendiri, tidak ada istilah bridesmaid. Sebab, budaya ini lebih banyak diterapkan di negara barat yang kemudian diadopsi oleh beberapa kalangan anak muda yang memilih konsep pernikahan modern.

Pendamping wanita ini hampir serupa dengan pager ayu bila memakai adat pernikahan yang tradisional. Akan tetapi, tugasnya berbeda. Sebab, pager ayu hanya akan menemani di hari H acara saja.

Jadi, mengenai perlu atau tidaknya menggunakan bridesmaid di pernikahan Anda, semua dikembalikan ke Anda dan keluarga. Mengingat perlu budget tambahan yang harus dikeluarkan untuk membelikan para pendamping kain yang akan dikenakan di hari H pernikahan nantinya.

Untung Rugi Menggunakan Pendamping Wanita di Sisi Keuangan

Ditilik dari sisi keuangan, ada keuntungan memakai bridesmaid, yaitu dapat mengurangi budget untuk menyewa wedding organizer. Sebab, Anda memiliki pendamping yang akan siap sedia membantu acara dari awal hingga akhir.

Kerugiannya yaitu perlu budget tambahan untuk membeli kain yang khusus dipakai oleh para bridesmaid. Semakin banyak pendamping yang dipilih, tentu kain yang dibeli pun akan jauh lebih banyak.

Terlepas ada untung rugi dari adanya bridesmaid dalam pernikahan, yang paling penting adalah pernikahan tersebut sah di mata Tuhan dan dapat berjalan dengan lancar dari awal prosesi hingga akhir.

Baca juga : Star Insight Oktober 2023

Sumber : Amarta.com 

Tahun Baru di Magical Forest Royal Ambarrukmo Yogyakarta dengan Gleams of Wonderland

Previous article

Star Insight November 2023

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle