HealthLifestyle

Panas Dalam Menurut Medis dan Solusinya

0
mengatasi suara serak

STARJOGJA.COM, Panas dalam adalah istilah yang dikenal masyarakat untuk merujuk sekumpulan gejala, seperti bibir pecah-pecah, sariawan, batuk, badan lemas, hingga sakit tenggorokan.

Sebenarnya tidak ada istilah medis panas dalam dalam kosakata medis. Kondisi ini mungkin merupakan tanda dan gejala dari penyakit lainnya.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab medis yang mendasari kondisi panas dalam.

Lalu, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu meredakan gejala panas dalam. Berikut daftarnya.

Minum Air Putih

Minum air putih adalah saran pertama dan yang paling penting dilakukan untuk penderita panas dalam. Air merupakan komponen penting tubuh manusia yang berguna untuk meredakan berbagai macam keluhan, seperti nyeri tenggorokan, demam, bibir pecah-pecah, hingga dehidrasi.

Disarankan untuk minum air putih minimal 8 gelas per hari untuk menjaga kesehatan. Tidak ada ketentuan khusus mengenai suhu air yang diminum. Air hangat maupun air dingin dapat dipilih sesuai preferensi masing-masing.

Berkumur Air Garam

Berkumur dengan air garam dikenal dapat digunakan untuk mengatasi sakit tenggorokan. Anda dapat menggunakan segelas air hangat yang dicampur dengan setengah sendok teh garam. Aduk garam larut dan gunakan untuk berkumur sebanyak dua kali dalam sehari.

Baca juga : Star Insight November 2023  

Hindari Makanan yang Merangsang Sakit Tenggorokan

Hindari mengkonsumsi makanan yang dapat merangsang sakit tenggorokan dan memperparah nyeri saat menelan. Makanan pedas, asam, berminyak, bersantan harus dihindari agar tidak menyebabkan perburukan kondisi panas dalam.

Mengonsumsi Makanan yang Membuat Tenggorokan Nyaman

Selain menghindari makanan yang bisa memperparah kondisi panas dalam, Anda dapat mengonsumsi makanan tertentu agar tenggorokan nyaman. Anda bisa makan makanan, seperti kaldu ayam, madu, jahe, kunyit, agar-agar dingin tanpa gula. Makanan tersebut dapat membantu mempercepat penyembuhan sakit tenggorokan.

Hindari Hal yang Memperburuk Kondisi Panas Dalam

Beberapa bahan seperti asap, asap rokok, atau wewangian menyengat dapat memicu batuk dan memperparah kondisi Anda. Saat sedang panas dalam, hindari semua bahan tersebut agar kondisi kesehatan Anda cepat pulih.

Sumber : KlikDokter

Baca juga : The Gorgeous 14th StarFM 101.3FM 

Sat Pol PP Sudah OTT Pembuang Sampah di Bantul 

Previous article

Tercatat di Prasasti Taji, Ini Asal-Usul Rawon

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health