Flash InfoHealthNews

Kemenkes Ingatkan Masyarakat untuk Vaksinasi di Tengah Lonjakan COVID-19

0
vaksin kelompok rentan
Ilustrasi Vaksinasi . FOTO : Denie Artha

STARJOGJA.COM,HEALTH – Kemenkes Ingatkan Masyarakat untuk Vaksinasi di Tengah Lonjakan COVID-19. Himbauan ini dikeluarkan mengingat kasus-kasus COVID-19 kembali meningkat di sejumlah negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Di Indonesia, kasus harian bertambah 35-40 kasus. Adapun pasien COVID-19 yang dirawat di rumah sakit berkisar 60-131 orang per 6 Desember, dengan tingkat keterisian rumah sakit saat ini sebesar 0,06% dan angka kematian 0-3 kasus per hari. Kemenkes Ingatkan Masyarakat untuk Vaksinasi di Tengah Lonjakan COVID-19

“Saat ini, kami melihat ada kenaikan (kasus) yang cukup signifikan, diharapkan seluruh masyarakat untuk segera vaksinasi, dosis lengkap maupun booster,” ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Maxi Rein Rondonuwu melalui keterangan tertulis, Sabtu (9/12/2023).

Kemenkes Imbau Masyarakat Tidak Panik Sikapi Pneumonia di China

Maxi menjelaskan vaksinasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kembali antibodi dalam tubuh dan mencegah dampak lebih parah maupun kematian akibat COVID-19. Vaksinasi bisa didapatkan secara gratis di layanan kesehatan seperti Puskesmas, rumah sakit, atau pos vaksinasi yang tersebar di berbagai daerah.

Kendati demikian, ia tetap mengimbau masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak untuk mencegah penularan COVID-19. Masyarakat juga diimbau untuk memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan bila mengalami gejala COVID-19 seperti batuk, pilek, dan demam.

“Segera lakukan vaksinasi, jangan ditunda-tunda, karena virus ini cepat menyebar, sehingga dapat sangat berbahaya untuk keluarga maupun orang sekitar,” tambahnya.

Seorang petugas kesehatan melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap seorang pria sebelum memberikan vaksinasi COVID-19 di puskesmas di Jakarta, 1 Februari 2023. (Foto: Bay Ismoyo/AFP)
Seorang petugas kesehatan melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap seorang pria sebelum memberikan vaksinasi COVID-19 di puskesmas di Jakarta, 1 Februari 2023. (Foto: Bay Ismoyo/AFP)

Kemenkes menyebut kenaikan kasus COVID-19 didominasi oleh subvarian Omicron XBB 1.5 yang juga menjadi penyebab gelombang infeksi COVID-19 di Eropa dan Amerika Serikat. Selain varian XBB, Indonesia juga sudah mendeteksi adanya subvarian EG2 dan EG5.

Pemerintah Siap Hadapi COVID-19

Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga Windhu Purnomo menilai temuan kasus COVID-19 di Indonesia membuktikan monitoring yang dilakukan pemerintah sudah baik. Menurutnya, pemerintah juga telah memiliki pengalaman yang cukup dalam menghadapi pandemi COVID-19 dalam tiga tahun terakhir.

Selain itu, kata dia, subvarian EG2 dan EG5 telah terdeteksi sejak April 2023. Oleh karena itu, ia menilai langkah pemerintah sudah tepat yaitu mendorong masyarakat untuk melakukan vaksinasi COVID-19, terutama booster.

SUMBER : VOA Indonesia

 Baru Punya Anak, Tips Mengatur Keuangan 

Previous article

Berani Coba ? Peluk Sapi untuk Redakan Stres!

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info