Lifestyle

Cara Menagih Hutang Yang Tepat Agar Dibayar

0
Cara Menagih Hutang Yang Tepat Agar Dibayar

STARJOGJA.COM, Kalau sudah urusan menagih untuk membayar hutang, rasanya jadi serba salah. Rasanya pasti bingung bagaimana cara menagih hutang yang baik, supaya hubunganmu dengan kenalan tetap terjaga.

Namun satu hal yang perlu Anda ingat adalah, tidak perlu merasa tidak enak, karena Anda berhak mendapatkan kembali uang yang sudah Anda pinjamkan.

Tidak perlu ragu untuk menghubungi teman, sekedar bertanya atau mengingatkan. Hal ini juga membantu mereka agar bisa segera menyelesaikan hutang sampai tuntas. Karena yang namanya hutang akan selalu jadi beban yang memberatkan jika pembayarannya tidak dicicil sampai selesai.

Kalau Anda merasa bingung harus melakukan apa, berikut ini cara dalam menagih hutang agar cepat dibayar:

Gunakan Bahasa yang Baik

Ketika menagih hutang kepada teman gunakan bahasa yang baik. Jangan membuat teman tersinggung. Ajak teman berbicara empat mata. Dengan begitu Anda bisa mengetahui apa alasan yang membuatnya tidak kunjung menyelesaikan hutang.

Jika ternyata teman belum bisa membayar hutang dalam waktu dekat, maka buat kembali perjanjian. Dengan menentukan tenggat waktu atau tanggal terakhir pembayaran harus selesai.

Ingatkan Waktu Pembayaran

Ketika mulai mendekati waktu jatuh tempo pembayaran hutang, Anda bisa mengingatkan kembali teman terkait tenggat waktu yang disepakati. Hal ini merupakan cara menagih hutang lewat wa atau pesan singkat secara halus.

Jadi Anda tidak harus bertemu langsung dengan teman. Sebenarnya dengan mengingatkan tanggal terakhir pelunasan, secara tidak langsung Anda sudah menagih hutang. Siapa tahu saat Anda mengirim pesan, temanmu langsung membayar di hari yang sama.

Sampaikan Anda Sedang Butuh Uang Cepat

Tidak perlu ragu untuk mengatakan bahwa Anda membutuhkan uang tersebut segera. Misalnya karena ada kebutuhan seperti biaya rumah sakit, renovasi rumah, atau keperluan mendesak lainnya.

Dengan begitu temanmu akan terdorong untuk segera menyelesaikan pembayaran hutang. Namun pastikan Anda menyampaikannya dengan jelas dan tetap sopan. Meskipun sebenarnya Anda merasa jengkel karena hutang yang tidak kunjung dibayar.

Minta Tolong Teman Dekatnya

Cara menagih hutang jarak jauh bisa melalui teman terdekatnya. Jika cara-cara di atas masih belum berhasil membuat peminjam menyelesaikan tanggung jawabnya. Hubungi teman dekat dari peminjam lalu sampaikan dengan baik maksud Anda.

Harapannya dengan diingatkan oleh teman terdekat, peminjam bisa lebih bertanggung jawab untuk menyelesaikan hutang.

Datangi Rumahnya

Salah satu cara menagih yang cukup efektif yaitu dengan mendatangi rumahnya. Dengan bertamu ke rumah si peminjam, secara tidak langsung Anda sudah mendesaknya untuk segera membayar hutang.

Jika maksud dari kedatanganmu ditangkap dengan baik oleh si peminjam, seharusnya ia akan membayar hutang dalam waktu dekat.

Hubungi Keluarga

Bagaimana jika teman yang meminjam uangmu malah menghilang dan tidak bisa dihubungi? Apabila cara-cara sebelumnya masih belum berhasil, maka dengan terpaksa Anda perlu menghubungi keluarganya.

Keluarga peminjam harus tahu bahwa salah satu anggota keluarga mereka memiliki tunggakan hutang yang belum dibayar.

Anda juga bisa mendapatkan info di mana temanmu sedang berada lewat keluarga peminjam. Harapannya temanmu bisa sadar dan segera menyelesaikan pembayaran hutang.

Itu dia cara menagih hutang ke teman agar cepat dibayar. Niat Anda saat memberi pinjaman ke teman pasti baik. Namun, akan selalu ada risiko teman terlambat membayar atau bahkan tidak bisa membayar kembali hutangnya.

Baca juga : Star Insight November 2023  

Sumber : Amarta.com 

Pameran Sriwijaya Kaitkan Jepang dan Indonesia dari Buddhisme 

Previous article

Pengamat Transportasi : Waspadai Kecelakaan di Perlintasan Sebidang Saat Mobilitas Akhir Tahun

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle