HealthLifestyle

Makanan yang Aman untuk Penderita Diabetes

0
Menu Makan

STARJOGJA.COM, Diabetes termasuk penyakit kronis yang cukup membahayakan jika tidak ditangani dengan baik. Pola makan harus benar-benar dijaga supaya kadar gula di dalam darah tidak naik secara tiba-tiba.

Lalu apa saja makanan yang aman untuk penderita diabetes?

Ada banyak sekali jenis makanan yang bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes, contoh ialah sayur dan buah-buahan. Selain, harus menjaga pola makan penderita diabetes juga disarankan untuk rutin berolahraga dan melakukan aktivitas fisik setiap hari.

Penderita diabetes sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan berlemak dan mengandung gula yang tinggi, contohnya seperti makanan bersantan, gulai kambing, es teh manis, dan lainnya.

Oleh karena itu, pengidap diabetes tidak boleh makan sembarangan dan harus memiliki jadwal menu sehat harian. Berikut ini beberapa jenis makanan yang disarankan untuk penderita diabetes.

Telur Rebus

Menu makanan diabetes boleh dibuat dari telur rebus namun pastikan tidak mengonsumsinya lebih dari 2 butir dalam sehari. Menurut peneliti, mengonsumsi telur rebus pada penderita diabetes tipe 2 bisa menurunkan kadar gula darah.

Walaupun baik untuk penderita diabetes, sebaiknya kamu menghindari konsumsi telur rebus setiap hari. Mengonsumsi telur rebus pada penderita diabetes idealnya 3 kali dalam seminggu.

Roti Gandum Utuh

Kandungan karbohidrat di dalam roti gandum utuh lebih rendah dibandingkan roti biasa. Selain itu juga kaya akan kandungan serat, protein, vitamin, dan mineral sehat, sehingga bisa dijadikan sebagai makanan untuk penderita diabetes agar tidak lemas.

Sebaiknya perhatikan cara mengolahnya, akan lebih baik jika dikonsumsi langsung tanpa dijadikan sandwich. Namun, jika ingin variasi rasa yang lebih lezat, coba kombinasikan dengan sayuran, daging rendah sodium, dan sedikit mustard.

Buah-Buahan Segar

Makanan yang aman berikutnya, yaitu buah-buahan segar. Contohnya seperti pisang, melon, beri, stroberi, anggur, alpukat, dan jenis buah-buahan lainnya.

Buah segar bisa dijadikan sebagai camilan untuk diabetes karena kandungannya sangat baik untuk tubuh. Di dalam buah segar terdapat vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang mampu melindungi sel-sel tubuh.

Sebaiknya jangan mengonsumsi buah kering atau buah kalengan yang sudah diawetkan karena di dalamnya cenderung tinggi gula.

Kacang Almond

Penderita diabetes tipe 2 cukup rentan mengalami komplikasi, seperti penyakit jantung dan stroke. Cara menguras risiko tersebut bisa dicegah dengan mengonsumsi kacang almond mentah.

Kacang almond mengandung banyak nutrisi di antaranya adalah mineral mangan, vitamin B, magnesium, protein, lemak sehat, dan serat. Menurut penelitian, kacang almond berpotensi dapat menjaga kadar gula darah.

Tidak hanya untuk cemilan untuk diabetes,  kacang almond juga baik untuk penderita kadar kolesterol tinggi.

Yoghurt

Selain kaya nutrisi, yoghurt juga enak dan bisa dijadikan cemilan untuk penderita diabetes.

Jenis yoghurt yang disarankan untuk pengidap diabetes adalah jenis plain greek yogurt. Jenis yoghurt satu ini mengandung protein tinggi yang bisa menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Supaya lebih nikmat bisa ditambah topping buah-buahan segar dan kacang-kacangan. Contohnya seperti buah stroberi, beri, melon, pisang, kacang almond, bubuk kayu manis, dan lainnya.

Baca juga : Star Insight November 2023  

Sumber : Amarta.com 

Pengamat Transportasi : Waspadai Kecelakaan di Perlintasan Sebidang Saat Mobilitas Akhir Tahun

Previous article

Perlukah Mencuci Beras Sebelum Dimasak?

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health