HealthLifestyle

Ngemil Malam Bikin Gemuk, Mitos atau Fakta?

0
Ngemil Malam Bikin Gemuk

STARJOGJA.COM, Ngemil di malam hari dipercaya bisa menaikkan berat badan. Namun, apakah ini benar?

Anda sering merasa lapar di malam hari? Pasti bingung ya memilih untuk makan atau tidak. Jika melanjutkan tidur, Anda tidak tahan dengan kondisi perut yang keroncongan. Di lain sisi, ngemil di malam hari dianggap bisa membuat badan gemuk.

Jika Anda sering mengalaminya, Anda perlu fakta sebenarnya mengenai ngemil yang bisa bikin badan gemuk. Oleh karena itu, yuk simak ulasan berikut ini!

Risiko Gemuk Akibat Ngemil Malam Hari

Anggapan ngemil di malam hari jadi penyebab tubuh gemuk dipercayai banyak orang. Jadi, ada beberapa penelitian berbasis tikus yang menunjukkan bahwa makan di malam hari bisa meningkatkan berat badan hewan tersebut.

Namun penelitian pada manusia menunjukkan hasil yang berbeda. Peningkatan berat badan dapat terjadi jika seseorang makan melebihi asupan kalori harian.

Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat Anda simpulkan bahwa makan atau ngemil di malam hari bukanlah penyebab tubuh gemuk jika makanan yang dikonsumsi rendah kalori dan tidak mendekati jam tidur.

Tubuh bisa gemuk jika makanan yang Anda konsumsi menjelang tidur, mengandung tinggi kalori atau tinggi lemak, seperti junk food, kue-kue, cokelat, keripik, atau kentang goreng.  Risiko kenaikan berat badan akan semakin besar jika porsi makanan yang dikonsumsi juga banyak.

Dampak ngemil di malam hari ini tidak hanya membuat tubuh gemuk, tapi juga meningkatkan risiko hipertensi, masalah asam lambung, gangguan tidur, diabetes, dan hipertensi di kemudian hari.

Meski ngemil di malam hari bukan penyebab badan gemuk, bukan berarti Anda bisa ngemil tanpa aturan, ya. Anda tetap bisa gemuk apabila mengonsumsi makanan yang tidak sehat di malam hari, porsi makanannya besar, dan dilakukan mendekati jam tidur.

Baca juga : Star Insight November 2023  

Sumber : Klikdokter

Gelar Festival Motor Listrik, PLN Wujudkan Transisi Energi Bersih

Previous article

Jadwal Pemadaman Listrik DIY Sabtu, 16 Desember 2023

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health