Kota JogjaNews

Ribuan Umat dilayani dalam Program Kemaslahatan BPKH

0
Program Kemaslahatan BPKH
Foto : FIra

STARJOGJA.COM, JOGJA – Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) punya program kemaslahatan. Bersama mitra yang tersebar di sejumlah wilayah di Indonesia telah menjalankan sejumlah program untuk umat.

BPKH bersama para mitra telah menyusun 363 program kemaslahatan pada 2023 dan dilaksanakan tahun ini hingga 2024 mendatang. Total dana yang disalurkan dalam 363 program kemaslahatan umat terebut sebesar Rp224 miliar.

Anggota Badan Pelaksana BPKH Bidang Sekretariat Badan dan Kemaslahatan, Amri Yusuf, mengatakan BPKH selain mengelola dana haji juga mengelola dana abadi umat atau DAU.

“Dana abadi umat ini merupakan dana dana sosial yang sumbernya dari hasil efisiensi operasional penyelenggaraan iabdah haji,” kata

Menurut Amri Yusuf, dana abadi umat adalah untuk kepentingan sosial ekonomi umat Islam, sehingga program-programnya berdasarkan undang-undang meliputi kaitannya dana sosial keagamaan, layanan haji, kesehatan, perbaikan rumah ibadah dan ekonomi umat, termasuk diantaranya program-program terkait tanggap bencana yang dialami umat islam.

Sejak 2018 sampai 2023 ini dana abadi umat yang sudah disalurkan sebesar Rp650 miliar untuk kepentingan umat Islam di seluruh Indonesia di antaranya Jawa, Sumatra, Kalimantan, dan Papua. Dana tersebut merupakan hasil dari investasi dana yang dikelola dari Rp3,8 triliuan.

“BPKH mengelola dana abadi umat Rp3,8 triliun yang ditempatkan atau diinvetasikan di lembaga yang rendah risiko. Dana tersebut aman sehingga yang dimanfaatkan sosial kemaslahatan adalah hasil dari investasinya. Setiap tahun hasil investasinya Rp200 miliar-Rp250 miliar. Sementara pokoknya aman,” ujarnya.

Program kemaslahatan umat yang paling dominan selama ini adalah perbaikan rumah ibadah, kesehatan, dan perbaikan ekonomi umat. Penyaluran dana kemaslahatan BPKH selama ini disesuaikan dengan proposal dari masyarakat. Dikatakan Amri, setiap tahun proposal yang masuk ada ribuan yang jika dikonversikan dalam uang mencapai Rp1,5 triliun-Rp2 triliun.

“Kami seleksi agar bisa terakomodasi dengan baik. Proses seleksi kita lihat tingkat kebutuhan dan prioritasnya,” ujarnya.

Penyaluran dana kemaslahatan dilakukan melalui mitra BPKH. Tahun ini ada 363 program kemaslahatan umat yang sebagian sudah terlaksana dan sebagian lainnya akan dilaksanakan pada 2024 mendatang.

“Dengan total penyaluran sebesar Rp224 miliar,” jelasnya.

Raffi Ahmad Bangun Beach Club di Pantai Krakal

Previous article

Penderita Diabetes Tak Harus Pantang Makanan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja