HealthLifestyle

Pentingnya Memberikan Self Reward

0
Pentingnya Self Reward

STARJOGJA.COM, Self reward dalam psikologi, dengan memberikan sedikit suguhan atau penghargaan kepada diri sendiri atas semua upaya yang sudah dilakukan, akan memunculkan rasa lega dan puas. Sebab, jika Anda tidak melakukan itu, rasa kesal dan marah akan mudah muncul. Seakan Anda capek bekerja tetapi tidak ada yang memberi penghargaan sedikit pun.

Inilah alasan sederhana mengapa penting untuk menghargai diri sendiri atas usaha yang sudah dilakukan.

Hadiah Membuat Anda Merasa Baik dan Mendorong untuk Berkembang Lebih Jauh

Sewaktu kecil, ketika Anda berhasil mendapatkan juara kelas atau nilai bagus, apa yang Anda dapatkan? Sudah pasti hadiah dan ucapan selamat dari orang-orang sekitar.

Ketika dewasa, itu juga Anda perlukan terutama dari diri sendiri. Pasalnya, dengan memberi diri sendiri sebuah reward, mood akan semakin membaik dan keinginan untuk berkembang akan semakin tinggi.

Self Reward Berfungsi sebagai Penguatan Positif

Menghubungkan kerja keras Anda dengan penghargaan secara efektif tidak hanya memberi waktu untuk istirahat mental, tetapi juga dapat memotivasi untuk melakukan lebih banyak lagi. Ketika Anda melakukan hal baik, pasti cenderung untuk mengulang kembali. Inilah yang dimaksud dengan penguatan positif.

Hal ini sudah dilakukan oleh orang-orang yang sukses. Ketika mereka gagal, mereka bangkit kembali. Ketika berhasil, mereka memberi penghargaan atas keberhasilan tersebut. Contoh self reward paling sederhana dengan membeli coklat atau camilan kesukaan ketika sukses melakukan sesuatu yang sudah menjadi tujuan.

Baca juga : Star Insight November 2023  

Karena Anda Pantas Mendapatkannya

Mengapa Anda ingin menghargai diri sendiri? Jawabannya sederhana, karena Anda layak untuk memperolehnya sebab sudah mencurahkan kerja keras selama ini.

Anda tidak bisa hanya bekerja, bekerja, bekerja, dan bekerja secara terus menerus. Sebab, suatu saat nanti, Anda akan berada di titik merasakan kekosongan dan tidak merasakan apa pun dari hasil kerja keras tersebut. Maka, jangan pernah berpikir jika Anda tidak pantas untuk memanjakan diri dengan hadiah, sekecil apa pun itu.

Selain itu, jika Anda bekerja tanpa istirahat atau memberi hadiah pada diri sendiri, Anda akan mulai mengalami kelelahan. Anda juga akan segera kehilangan motivasi.

Untuk Menghargai Diri Sendiri atas Kerja Keras yang Sudah Dilakukan

Anda mungkin sering merendahkan diri ketika merasa tidak berhasil dalam mencapai tujuan. Jika Anda bisa keras pada diri sendiri bahkan ketika tidak perlu, lantas kenapa tidak menghargai diri dengan memberi hadiah?

Dengan memberi penghargaan pada diri sendiri secara teratur, Anda bisa mengakui pencapaian yang diperoleh, alih-alih memikirkan kelemahan apa pun yang mungkin dirasakan.

Memberi Kesenangan dan Perasaan Lega

Salah satu manfaat self reward adalah perasaan merasa lega dan bahagia. Hidup pun akan lebih tenang. Anda puas dengan pencapaian itu dan ingin berusaha menjadi yang lebih baik lagi. Supaya bisa melakukan lebih banyak yang menyenangkan.

Sumber : Amarta.com 

Gaun Malam Putri Diana Terjual Rp 17,8 Miliar

Previous article

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health