CulinaryHealth

Ingin Tingkatkan Daya Ingat, Konsumsi Makanan Ini

0
Makanan Sehat (Foto Tirto.id)

STARJOGJA.COM, Setiap orang tentu menginginkan memiliki daya ingat yang kuat, sehingga tidak jarang banyak orang yang mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan daya ingat. Selain suplemen, ternyata makanan dan minuman juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan otak dan meningkatkan kemampuan daya ingat.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut beberapa makanan dan minuman alami yang dapat menjadi pilihan pintar untuk mendukung kesehatan otak dan daya ingat.

Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan mackerel adalah sumber omega-3 asam lemak, terutama DHA (asam dokosaheksaenoat). Omega-3 telah terbukti memiliki efek positif pada kesehatan otak dan daya ingat.

Konsumsi ikan berlemak secara teratur dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif dan mempertahankan daya ingat.

Blueberry

Blueberry adalah buah yang kaya akan antioksidan, terutama anthocyanin. Antioksidan ini dapat melindungi otak dari stres oksidatif dan peradangan yang dapat merusak sel-sel saraf dan dapat meningkatkan daya ingat.

Kopi

Kopi dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan suasana hati selama waktu yang tidak optimal dalam sehari seperti di pagi hari. Hal Ini mungkin berguna bagi Anda yang stres dengan ujian dan terutama jika ujian dijadwalkan berlangsung di pagi hari.

Cokelat hitam

Cokelat hitam adalah cokelat yang kaya dan pahit yang terbuat dari padatan kakao olahan dan mentega kakao. Menikmati cokelat hitam kakao dalam jumlah sedang (70% atau lebih) dapat meningkatkan aliran darah, termasuk ke otak.

Kedelai

Ada beberapa bukti bahwa memasukkan kedelai dalam makanan Anda dapat meningkatkan daya ingat jangka panjang dan jangka pendek.

Teh hijau Teh hijau dapat meningkatkan kewaspadaan, meningkatkan memori kerja dan fokus, terutama ketika tugas berdurasi panjang. Teh hijau juga kaya akan senyawa tanaman yang memiliki efek antioksidan pelindung pada otak.
Baca juga : Star Insight November 2023  

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah sumber protein nabati yang kaya akan nutrisi penting seperti vitamin E, magnesium, dan serat. Vitamin E adalah antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel otak dari stres oksidatif. Magnesium juga penting untuk fungsi saraf yang optimal, sedangkan serat dapat membantu menjaga aliran darah yang baik ke otak.

Telur

Telur kaya akan kolin, nutrisi yang berperan dalam pembentukan neurotransmitter dan membran sel otak. Kolin juga dikaitkan dengan peningkatan kemampuan belajar dan daya ingat. Hal Iini sangat penting selama kehamilan dan menyusui, makanan yang dikonsumsi sangat penting untuk perkembangan otak bayi.

Selain itu, telur mengandung vitamin B12 dan D, yang mendukung kesehatan saraf dan sistem kardiovaskular.

Sumber :  Bisnis.com

Baca juga : The Gorgeous 14th StarFM 101.3FM 

Album “Pink Friday 2” Nicki Minaj Capai Nomor 1 di AS

Previous article

Indonesia Raih Peringkat ke-6 Daftar Best Cuisines in the World Versi Taste Atlas

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Culinary