Kab SlemanNews

Kelola Sampah, Sleman Targetkan di 2024 Punya empat TPST

0
empat TPST Sleman

STARJOGJA.COM, SLEMAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman, menargetkan pada tahun 2024 sudah memiliki empat Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST). Dengan Keberadaannya Sleman diharapkan mampu mengelola sampah yang diproduksi masyarakat di wilayah itu secara mandiri.

“Target kami pada 2024 di Sleman sudah ada empat TPST yang beroperasi sehingga Sleman mampu mengolah sampah produksi masyarakat secara mandiri,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sleman, Epiphana Kristiyani.

Epiphana mengatakan hal ini juga sesuai dengan arahan dari Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X yang meminta agar masing-masing kabupaten/kota dapat mengelola sampah produksi masyarakat secara mandiri.

“Kami optimistis 2024 Sleman mampu mengelola sampah secara mandiri. Hari ini TPST Tamanmartani mulai beroperasi untuk wilayah Sleman timur. Nanti segera beroperasi TPST Sendangsari di Minggir untuk wilayah Sleman barat, dan menyusul dua TPST lagi di wilayah Sleman Tengah,” katanya.

Epiphana mengatakan untuk TPST Tamanmartani yang mulai beroperasi hari ini nantinya skema pengelolaan sampah diolah menjadi Refuse Derived Fuel (RDF) atau sering disebut keripik sampah.

“Pemkab Sleman bekerja sama dengan PT Solusi Bangun Indonesia (SBI) dalam pengelolaan sampah di wilayah itu untuk diolah menjadi RDF atau bahan bakar alternatif pengganti batu bara. Nantinya RDF yang diproduksi di TPST ini akan diambil oleh PT SBI,” katanya.

Lebih lanjutEpiphana mengatakan TPST Tamanmartani mampu menampung maksimal hingga 90 ton sampah per hari.

“Satu modul diperkirakan bisa menampung hingga 30 ton sampah per hari, dengan 50 persen dari sampah yang diolah tersebut bisa menjadi RDF,” katanya.

TPST Tamanmartani di Kapanewon Kalasan dibangun dengan anggaran Rp6,7 miliar untuk pematangan lahan dan konstruksi Rp7,4 miliar, yang bersumber dari APBD Kabupaten Sleman sebesar Rp7,4 miliar dan Dana Keistimewaan (Danais) DIY sebesar Rp6,8 miliar, dengan pagu anggaran operasional Rp2,4 miliar.

Ia mengatakan kerja sama dengan PT SBI ini diharapkan bisa menjadi solusi mengatasi permasalahan sampah di Kabupaten Sleman.

Dalam kerja sama ini sampah anorganik yang dari Sleman yang sudah diolah menjadi RDF di TPST akan dipasok ke PT SBI di Cilacap, Jawa Tengah. “Ini merupakan salah satu upaya dari Pemkab Sleman dalam mengatasi persoalan sampah,” katanya.

Ia mengatakan Pemkab Sleman saat ini telah membangun dua TPST dari rencana tiga TPST yakni di Tamanmartani, Kecamatan Kalasan untuk wilayah Sleman timur dan di Sendangsari, Kecamatan Minggir untuk wilayah Sleman barat.

“Sedangkan untuk TPST di wilayah Sleman tengah dianggarkan pada 2024,” katanya.

Polda DIY Siap Amankan Libur Natal dan Tahun 2024 Lewat Operasi Lilin Progo 2023

Previous article

PSSI Dukung Penangkapan Pelaku Pengaturan Skor

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman