Lifestyle

Asal-usul Tradisi Pohon Natal, Haruskah Pohon Cemara?

0
Asal-usul Tradisi Pohon Natal

STARJOGJA.COM, Banyak orang yang merayakan Natal telah mendekorasi pohon cemara mereka sendiri tahun ini. Beberapa orang juga telah menggunakan pohon Natal untuk menata rumah mereka dan mempromosikan keceriaan liburan.

Catatan gereja pedesaan Inggris dari abad ke-15 dan ke-16 menunjukkan bahwa pohon Natal berasal dari tanaman holly dan ivy dibeli di musim dingin, karena itu ada lagu berbahasa Inggris berjudul “The Holly and the Ivy”.

Rumah-rumah dan jalan-jalan pribadi juga dihiasi dengan pohon Natal saat ini, menurut buku Christmas: A Biography karangan Judith Flanders, dikutip dari Time, Minggu (25/12/2022).

Flanders berpendapat bahwa asal pohon Natal bisa dilihat dari tiang yang akan dihias paroki dengan holly dan ivy, seperti Maypole yaitu tiang bambu musim dingin. Sementara itu banyak mitos seputar asal usul pohon Natal, salah satu legenda mengatakan bahwa Martin Luther, yang menjadi katalisator Reformasi rotestan percaya bahwa pohon pinus melambangkan kebaikan Tuhan.

Mitos lain yang populer di abad ke-15 menceritakan tentang St. Bonifasius. Pada abad ke-8 ia menggagalkan pengorbanan manusia kafir di bawah pohon ek dengan menebangnya dan sebatang pohon cemara tumbuh menggantikannya, dengan cabang-cabangnya melambangkan kebenaran kekal Kristus.

Beberapa versi dari legenda St.Bonifasius ini mengatakan dia menebang pohon cemara baru dan menggantungnya terbalik, yang diyakini telah menyebabkan tradisi pohon yang digantung terbalik untuk mewakili Tritunggal Mahakudus, kadang-kadang dengan sebuah apel terjepit di titik bukannya bintang. Pada akhirnya semua cerita ini mungkin telah membantu penyebaran tradisi Natal.

Baca juga : Star Insight November 2023  

Berakar dari Jerman

Tetapi asal mula pohon Natal yang sebenarnya tampaknya berakar di Jerman saat ini selama Abad Pertengahan. Pada tahun 1419, sebuah serikat pekerja di Freiburg memasang pohon yang dihias dengan apel, wafer pasta tepung, perada, dan roti jahe.

Dalam “Firdaus Firdaus” yang dipertunjukkan untuk merayakan hari raya Adam dan Hawa yang jatuh pada malam Natal, pohon pengetahuan dilambangkan dengan pohon cemara yang selalu hijau dengan apel diikat di dahannya. Flanders menemukan dokumentasi pohon yang dihiasi benang wol, jerami, apel, kacang, dan pretzel.

Pasar pohon Natal tertua diperkirakan terletak tepat di atas perbatasan Jerman barat daya di Strasbourg di Alsace yang dulunya merupakan bagian dari Rhineland, sekarang di Prancis saat ini, adalah tempat pohon Natal tanpa hiasan dijual selama abad ke-17 sebagai Weihnachtsbaum, bahasa Jerman untuk pohon Natal.

Flanders mengatakan “pohon dalam ruangan yang dihias pertama” tercatat pada 1605, di Strasbourg, dihiasi dengan mawar, apel, wafer, dan permen lainnya, menurut penelitiannya.

Permintaan akan pohon Natal sangat tinggi pada abad ke-15 sehingga undang-undang disahkan di Strasbourg untuk menindak orang yang menebang cabang pinus. Tata cara di seluruh wilayah Alsace membatasi setiap rumah tangga untuk satu pohon pada 1530-an.

Baca juga : The Gorgeous 14th StarFM 101.3FM 

Xixy Casa Mexicano Bar & Bistro, Satu satunya Mexican Resto di Jogja

Previous article

 Liburan Panjang, Pastikan Rumah dalam Keadaan Terkunci

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle