Kab SlemanNews

Siaga SAR, Basarnas Yogyakarta Pantau Sejumlah Titik Rawan Bencana

0
Siaga SAR basarnas

STARJOGJA.COM, JOGJA – Basarnas Yogyakarta melaksanakan Siaga SAR selama musim libur natal dan tahun baru (nataru). Basarnas menempatkan personil dan alut di lokasi-lokasi strategis yang rawan kecelakaan/bencana.

Kepala Kantor Basarnas Yogyakarta Kamal Riswandi mengatakan, dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) untuk mendukung pelaksanaan arus mudik dan liburan Nataru, Basarnas melaksanakan Siaga SAR.

“Kita akan mendukung serta membantu unsur-unsur terkait melalui pemantauan jalur mudik dengan menempatkan personil dan alut di lokasi-lokasi strategis yang rawan kecelakaan/bencana di pelabuhan, ruas jalan tol, Bandara, terminal bus dan tempat wisata,” katanya, Senin (18/12/2023).

Diketahui, Pada Desember 2023, Indonesia juga menghadapi beberapa potensi ancaman bencana dan kecelakaan yang dapat membahayakan keselamatan warga masyarakat. Ancaman tersebut antara lain berupa bencana hidrometeorologi seperti banjir bandang, gelombang tinggi, longsor dan angin puting beliung.

Kemudian ada bencana geologi seperti gempa bumi, tsunami dan erupsi gunung api. Sedangkan kecelakaan transportasi seperti kecelakaan kapal, pesawat udara dan jalan raya/jalan tol dan kondisi membahayakan manusia seperti kecelakaan wisatawan.

“Berkaca pada hal diatas maka kesiapsiagaan Basarnas dalam Siaga SAR khusus Nataru harus selalu ditingkatkan dari tahun ke tahun, baik koordinasi, kesiapan personil, serta peralatan dan ketrampilan untuk meningkatkan kecepatan waktu tanggap dan waktu tempuh jika terjadi kecelakaan dan bencana serta kondisi membahayakan manusia,” kata dia.

Di samping itu Basarnas juga menempatkan petugas siaga di posko induk Kantor Basarnas Yogyakarta di Jalan Jogja-Wates Km. 11,5 Sedayu Bantul. Posko induk ini sebagai petugas pengendali semua pergerakan personil yang melaksanakan Siaga SAR khusus Nataru. Siaga SAR, Basarnas Yogyakarta Pantau Sejumlah Titik Rawan Bencana.

“Untuk Tim Patroli Mobile Kantor Basarnas Yogyakarta akan melaksanakan patroli di wilayah Jalan Magelang hingga perbatasan Jateng-DIY, Bandara AdiSutjipto, Stasiun Tugu dan keraton serta wilayah Kota Yogyakarta,” ucapnya.

Untuk Pos Gabungan Siaga SAR Khusus Parangtritis Kantor Basarnas Yogyakarta akan bersinergi dengan Ditpolairud Polda DIY serta Sar Satlinmas Rescue Istimewa wilayah 3. Tim ini akan memberikan imbauan kepada wisatawan untuk lebih berhati-hati ketika bermain air di Pantai.

“Tim Siaga Mobile Pos Basarnas Gunungkidul akan melaksanakan patroli mobile di wilayah Gunungkidul termasuk obyek wisata pantai dan Prambanan perbatasan Jateng-DIY,” jelas dia.

Untuk Tim Patroli Mobile Unit Siaga Kulonprogo akan berpatroli Mobile di sepanjang jalan Wates-Purworejo, Bandara YIA dan Jalan Raya Kalibawang hingga perbatasan Magelang Jawa Tengah. Untuk patroli obyek wisata di wilayah Pantai Kulonprogo dan wilayah obyek wisata kulonprogo bagian Utara.

“Untuk saat ini obyek wisata Pantai Gunungkidul masih menjadi favorit para wisatawan dari Jogja maupun dari wilayah luar Yogyakarta, maka dari itu Kantor Basarnas Yogyakarta juga menyiagakan 1 tim jetsky yang akan stanby di Pantai Wediombo dan akan berpatroli hingga perairan Indrayanti,” kata dia.

Siaga SAR Khusus Nataru dilaksanakan selama 22 hari dimulai tanggal 18 Desember 2023 hingga 8 Januari 2023. Diperkirakan puncak arus mudik ke 1 pada tanggal 22-23 Desember 2023, puncak arus mudik ke 2 pada tanggal 26-27 Desember 2023.Untuk perkiraan arus balik ke 1 di perkirakan tanggal 29-30 Desember 2023. Personil Kantor Basarnas Yogyakarta yang disiagakan seluruhnya berjumlah 60 Personil rescuer/penolong. (Anz)

Bayu

Aktor “Parasite” Lee Sun-kyun Bunuh Diri

Previous article

34 SPKLU Jateng DIY Siap Layani Pengguna Kendaraan Listrik

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman