News

Pemerintah Jepang Ingatkan Gempa Susulan Lebih dari 7 SR

0
Gempa Ishikawa
Rumah roboh akibat guncangan gempa bumi 7,6 SR yang mengguncang Semenanjung Noto, Prefektur Ishikawa, pada Senin (1/1/2024) pukul 16.10 waktu setempat/Reuters

STARJOGJA.COM, Info – Badan Meteorologi Jepang mengingatkan jika gempa berkekuatan magnitudo 7,6 yang mengguncang kawasan pantai Laut Jepang pada Senin akan terjadi lagi atau terjadi gempa susulan. Gempa susulan yang berkekuatan lebih dari 7 Skala Richter (SR) di wilayah Prefektur Ishikawa Jepang diprediksi terjadi pada pekan depan.

Pihaknya memperingatkan bahwa 2 hingga 3 hari ke depan sangat berbahaya, karena kemungkinan gempa kuat di atas 7 SR berulang kali terjadi.

Para Ahli Seismologi Jepang telah menghimbau penduduk setempat untuk sangat mewaspadai gempa susulan di wilayah tersebut, dalam beberapa hari ke depan. Berdasarkan catatan otoritas setempat, ada lebih dari 130 gempa bumi dengan kekuatan yang berbeda-beda telah terjadi di Jepang, sejak Senin (1/1/2024).

Melansir The Japan Times, Gempa bumi kuat tersebut juga berdampak pada jaringan transportasi di Jepang dan menyebabkan penumpang terlantar. Jalur Shinkansen dan penerbangan di wilayah tersebut telah dibatalkan sejak gempa bumi tersebut terjadi.

Adapun 4 kereta Hokuriku Shinkansen yang berada antara Stasiun Toyama dan Kanazawa terhenti selama 11 jam dengan total penumpang 1.400 orang. Hokuriku Shinkansen akan kembali beroperasi sekitar pukul 1 siang pada hari ini, Selasa (2/1/2024).

Sekitar 32.700 rumah di Prefektur Ishikawa kehilangan aliran listrik dan banyak kota kehilangan akses terhadap air.

Menurut Kementerian Kesehatan di Jepang, 19 fasilitas medis di Ishikawa dan 2 fasilitas medis di Niigata mengalami pemadaman listrik dan air, pada Senin (1/1/2024), pukul 11 malam.

 

 

Sumber : Bisnis

Baca juga : Barrataga Inovasi Rumah Tahan Gempa

Bayu

Gempa Jepang Berakibat Rumah Runtuh dan Layanan Kereta Api Berhenti

Previous article

Wah Pergerakan Orang di DIY saat Libur Nataru Capai 12 Juta

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News