News

Barrataga Inovasi Rumah Tahan Gempa

0
Barrataga
Maket Barrataga atau Bangunan Rumah Tahan Gempa (foto: Kanzun Dinan)

STARJOGJA.COM, Sleman – Barrataga atau Bangunan Rumah Rakyat Tahan Gempa merupakan inovasi yang diciptakan oleh Prof. Sarwidi. Inovasi Barrataga ini muncul mengingat Indonesia termasuk wilayah yang rawan terjadinya gempa.

“Gempa bumi itu merupakan keadaan yang harus terjadi untuk menjaga keseimbangan energi di bumi, jika tidak ada gempa bumi maka bisa saja bumi akan meledak,” kata Prof. Sarwidi kepada Starjogja.com Jumat (7/12/2018).

Guru Besar Teknik Sipil Universitas Islam Indonesia ini menjelaskan Indonesia diapit oleh tiga lempeng tektonik besar yaitu lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng Pasifik sehingga memiliki potensi besar terjadinya gempa bumi. Oleh sebab itu, Prof. Sarwidi berkerjasama dengan negara Jepang melakukan pelatihan Barrataga pada tahun 2004 kepada para mandor di wilayah DIY, Banten dan Banyuwangi.

Baca Juga : Ada Banyak Cara Untuk Mempelajari Gempa

“Tahun 2006 terjadi gempa beneran di Jogja, contoh bangunannya yang kita buat pada saat pelatihan tidak mengalami kerusakan,” katanya.

Melihat keberhasilan pelatihan Barrataga kemudian Prof.Dr. Sarwidi beserta timnya mulai mensosialisasikannya kepada publik. Kemudian hasil karya ini mulai di pamerkan dalam museum gempa Prof Sarwidi.

Bayu

Jomblo atau Susah Cari Pasangan ? Fortais Saja

Previous article

Mapagama Taklukan Sungai Franklin Australia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News