Lifestyle

Tips Resolusi Keuangan di 2024

0
Atur Gaji

STARJOGJA.COM, 2024 sudah tiba, sudahkah Anda membuat resolusi keuangan secara detail dan terencana?

Selain resolusi pribadi, resolusi finansial juga penting sebagai titik awal menghadapi segala situasi keuangan.

Selama menetapkan rencana keuangan yang jelas, ketidakstabilan ekonomi di tahun depan pasti bisa dihindari. Oleh karena itu, penting untuk Anda menetapkan resolusi yang tepat agar finansial selalu sehat.

Keuangan adalah aspek penting yang selalu masuk dalam daftar resolusi tahun baru. Agar kondisi finansial terjaga dan stabil selalu, resolusi berikut ini wajib Anda tahu!

Susun Tujuan Keuangan

Langkah pertama dalam menyusun resolusi finansial adalah menyusun daftar target yang ingin dicapai. Sebaiknya, buatlah tujuan yang ambisius namun tetap realistis agar bisa menjadi motivasi.

Contoh, ingin menambah saldo rekening tabungan hingga mencapai 2 digit. Atau contoh lain yang lebih sederhana, ingin menyisihkan sebagian uang untuk membeli barang yang diinginkan.

Rencanakan Anggaran

Agar tujuan resolusi keuangan 2024 nanti dapat tercapai dan aman terkendali, jangan lupa merencanakan anggaran. Caranya adalah dengan menyusun alokasi pemasukan dan pengeluaran secara rutin.

Jangan lupa untuk mengkategorikan dana sesuai target penggunaan. Misal 50% untuk kebutuhan harian, 10% sebagai self reward, 5% untuk sedekah, 25% ditabung atau diinvestasikan, dan sisanya sebagai dana darurat.

Jangan Lupakan Tabungan

Salah satu aspek penting dalam perencanaan resolusi finansial adalah menyiapkan tabungan. Jika mendapatkan pemasukan lebih, sebaiknya utamakan menabung.

Berapapun jumlahnya, usahakan untuk selalu menyisihkan sebagian penghasilan sebagai simpanan. Agar dana tabungan tetap aman, Anda bisa membuat rekening khusus secara terpisah.

Siapkan Dana Darurat

Serupa tapi tak sama, dana darurat dan tabungan adalah 2 hal berbeda. Tabungan dibuat sesuai target penggunaan yang jelas, sedangkan dana darurat adalah simpanan untuk situasi mendesak yang datang mendadak.

Walaupun berbeda, namun keduanya sama-sama penting. Jadi, saat merencanakan resolusi keuangan 2023 nanti, jangan lupa pisahkan tabungan dengan dana darurat.

Hindari Berhutang

Salah satu resolusi keuangan yang penting untuk Anda terapkan adalah mengurangi kebiasaan berhutang. Sekecil apapun nominalnya, sebaiknya hindari hutang dalam bentuk apapun.

Kalaupun terpaksa harus berhutang, usahakan untuk membayar sesegera mungkin. Dengan hidup bebas hutang, kondisi finansial menjadi lebih aman tanpa beban.

Baca juga : Star Insight November 2023  

Terapkan Gaya Hidup Hemat

Resolusi adalah suatu janji atau komitmen kepada diri sendiri untuk melakukan sesuatu, misalnya untuk memperbaiki gaya hidup atau perilaku. Salah satu resolusi finansial yang bisa Anda terapkan adalah memperbaiki perilaku boros.

Sebanyak apapun jumlah penghasilan, akan selalu terasa kurang jika tidak ada penghematan. Jadi, jangan lupa mengontrol pola belanja untuk menghemat pengeluaran.

Berinvestasi di Tempat yang Aman

Resolusi terakhir yang tidak kalah penting adalah berinvestasi. Selain tabungan, investasi dapat menjadi sumber kekayaan untuk mencapai tujuan keuangan. Tapi ingat! Pilihlah instrumen investasi yang aman.

Selain itu, hindari berinvestasi menggunakan dana untuk kebutuhan harian. Pastikan untuk selalu menggunakan ‘uang dingin’ yang benar-benar disisihkan khusus untuk kebutuhan investasi.

Sumber : Amarta.com 

Buat Resolusi Tahun Baru Yang Realistis

Previous article

Liverpool Santai di Puncak Klasemen Tinggalkan Arsenal

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle