Kota JogjaNews

PLN Gerak Cepat Tangani Pemulihan Pasokan Listrik Dampak Cuaca Ekstrem

0
Pemulihan Pasokan Listrik

STARJOGJA.COM, JOGJA – PLN Gerak Cepat Tangani Pemulihan Pasokan Listrik Dampak Cuaca Ekstrem. Cuaca ekstrem melanda beberapa wilayah di Provinsi Jawa Tengah dan DIY pada Rabu (3/1) sejak pukul 12.00 WIB. Turunnya hujan lebat disertai angin kencang, sehingga terpantau 12 Kota/ Kabupaten terkena dampak cuaca ekstrem dan banjir.

Cuaca ekstrem tersebut memiliki dampak cukup berat seperti baliho serta pohon yang tumbang menimpa jaringan listrik di Kota Surakarta, Kabupaten Sragen, Karanganyar, Sukoharjo, Wonogiri, Klaten, Boyolali, Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kabupaten Gunung Kidul dan Kabupaten Bantul sehingga diperlukan evakuasi jaringan listrik dari material gangguan. Serta terpantau 3 kecamatan di Kabupaten Grobogan yaitu Kecamatan Kedungjati, Gubug dan Tanggungharjo tergenang banjir.

PLN bergerak cepat lakukan pengamanan kelistrikan dengan menghentikan sementara aliran listrik demi keselamatan pelanggan dan melakukan serangkaian percepatan pemulihan pasokan listrik.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan DIY, Mochamad Soffin Hadi mengatakan ratusan personilnya telah terjun langsung ke lapangan untuk melakukan percepatan pemulihan pasokan listrik. PLN Fokus Keselamatan Warga dan Percepatan Pemulihan Pasokan Listrik Dampak Cuaca Ekstrem Melanda Jateng DIY

“Sebanyak 49 penyulang kami yang menyalurkan listrik ke 776 ribu pelanggan di 12 Kota/Kabupaten terdampak cuaca ekstrem ini. Kami berhasil memulihkan beberapa penyulang dan terus memantau kondisi cuaca dan kesiapan peralatan untuk memastikan pemulihan pasokan listrik dapat berjalan cepat, lancar dan aman,” ungkapnya.

Berdasarkan pantauan BMKG hampir 50% wilayah Jawa bagian tengah terdampak cuaca ekstrem ini. Soffin menyampaikan PLN berupaya semaksimal mungkin untuk memulihkan pasokan listrik di wilayah terdampak dengan terus berkoordinasi bersama stakeholders terkait seperti BPBD, Tim SAR, TNI/ POLRI dan Pemda setempat.

“Beberapa lokasi terpaksa kami hentikan sementara listriknya untuk keamanan warga dan proses evakuasi jaringan listrik, namun khusus di 3 Kecamatan Kabupaten Grobogan terjadi banjir namun tinggi air masih dalam kategori aman sehingga listrik untuk warga masih tetap kami nyalakan,” tuturnya.

Ia menambahkan lokasi-lokasi vital seperti Rumah Sakit, Stasiun, Terminal, Kantor Pemerintah menjadi fokus utama recovery kelistrikan, sehingga aktivitas vital di wilayah terdampak bisa segera berjalan normal.

PLN mengimbau kepada masyarakat apabila ada kondisi berbahaya seperti pohon yang roboh mengenai jaringan listrik PLN untuk tidak panik dan tetap tenang, jangan langsung melakukan evakuasi/pemotongan pohon sendiri. Segera laporkan kejadian tersebut melalui aplikasi PLN Mobile ataupun Contact Center 123. Informasi lain terkait kelistrikan juga dapat diakses melalui aplikasi PLN Mobile.

Asal-Usul Seblak Seblak, Jajanan Jalanan Khas Sunda

Previous article

Merasa Kesepian di Tengah Keramaian, Fenomena Yang Sering Dialami Kalangan Mahasiswa

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja