CulinaryLifestyle

Asal-Usul Seblak Seblak, Jajanan Jalanan Khas Sunda

0
Asal-Usul Seblak Seblak, Jajanan Jalanan Khas Sunda

STARJOGJA.COM, Seblak adalah jajanan jalanan khas Sunda dengan cita rasa gurih pedas, yang terdiri dari bahan utama kerupuk, bawang putih, bawang merah, garam, sayuran, dan tentu saja cabai.

Varian seblak, seiring dengan pamornya yang menggelora, makin banyak, seperti sebut saja seblak sosis, seblak ceker, seblak macaroni, seblak cilok, atau seblak keju. Rasanya apa saja, asal pedas, bisa disebut sebagai seblak.

Pedas menjadi kata kunci utama seblak karena seblak memiliki arti segak dan nyegak, yang dalam Bahasa Sunda artinya menyengat.

Seblak yang kurang lebih popular dekade 2000-an di daerah Garut dan Cianjur Selatan, awalnya dikenal dengan nama Kurupuk Leor dan disebut-sebut sudah lahir sejak zaman perjuangan kemerdekaan saat terjadinya krisis pangan di Parahyangan Selatan.

Sebelum tenar seblak khas Sunda, di daerah Sumpiuh Jawa Tengah juga ada makanan yang serupa yakni kerupuk godog atau kerupuk rebus.

Namun dari penelusuran, baik kerupuk leor atau kerupuk godog, tidak menggunakan kencur. Padahal bahan kencur inilah yang menjadi ciri khas sekaligus cita rasa yang identik dengan seblak.

Ada juga sumber yang menyebutkan asal-usul seblak bermula dari persediaan kerupuk yang melimpah di Bandung kala itu. Kerupuk yang sudah lama saat digoreng tidak seenak kerupuk yang baru dibuat. Kerupuk lama juga lebih keras dan susah dikunyah.

Karena kerupuk lama menumpuk, seringkali dibuang begitu saja. Lama kelamaan orang merasa sayang untuk menyia-nyiakan atau membuang kerupuk. Sehingga kemudian muncul berbagai ide dan kreasi untuk mengolah kerupuk lama hingga terciptalah seblak.

Jadi apa arti seblak?

Nyeblak dalam bahasa Sunda memiliki arti mengagetkan. Ada juga yang menyebut, seblak berasal dari kata ‘segak atau ‘nyegak’ yang artinya menyengat. Bisa disebut jika arti kata mengagetkan dan menyengat ini pas dengan karakter makanan seblak yang bikin kaget dan menyengat karena pedas.

Namun tidak semua seblak harus pedas yang sampai mengagetkan atau menyengat, karena level kepedasan ini bisa disesuaikan dengan selera.

Anda bisa mengatakan level pedasmu pada penjualnya sebelum dibuat ya!

Baca juga : Star Insight November 2023  

Berniat Berhenti Bernyanyi, Selena Gomez Akan Fokus Akting

Previous article

PLN Gerak Cepat Tangani Pemulihan Pasokan Listrik Dampak Cuaca Ekstrem

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Culinary