HealthLifestyle

Manfaat Buah Nanas, Si Buah Tropis Asal Brazil

0
buah nanas

STARJOGJA.COM, Tinggal di negara tropis seperti Indonesia sebenarnya sangat menguntungkan kita, Salah satu buah tropis yang mudah didapatkan di sekitar kita adalah nanas.

Buah berwarna kuning dengan rasa segar, manis, dan asam ini sebenarnya bukan dari Indonesia. Buah ini awalnya berasal dari Brazil.

Nanas dibudidayakan di Indonesia dikarenakan iklim Indonesia yang tropis. Beruntungnya, buah nanas bisa tumbuh subur. Buah ini mudah dijumpai dipasaran dan dijajakan mulai dari supermarket besar hingga pedagang kecil.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Susah buang air besar atau sembelit? Anda tidak perlu khawatir lagi sekarang. Konsumsi saja buah segar untuk bikin pencernaan kembali lancar. Nah, salah satu dari buah yang bagus untuk mengatasi sembelit adalah nanas.

Buah nanas bisa melancarkan sistem pencernaan karena di dalamnya kaya akan serat. Kandungan serat dalam buah nanas mudah untuk dicerna sehingga bikin perut kita bebas dari sembelit. Anda cukup makan buah nanas setengah potong yang mengandung 2,2 gram total serat makanan.

Mencegah Kanker Usus

Selanjutnya, buah nanas juga bisa mencegah terjadinya kanker usus. Di dalam nanas terdapat antioksidan dari vitamin C. Kandungan tersebut bisa melawan sel-sel kanker di dalam tubuh.

Nanas juga kaya senyawa flavonoid, vitamin A, dan juga bromelain. Berbagai kandungan tersebut bisa menangkal radikal bebas yang bisa menjadi sebab tumbuhnya kanker.

Mengobati Kembung

Ketika kembung, perut kita jadi besar karena berisi tekanan gas yang kuat. Kondisi ini bikin kita kurang nyaman untuk beraktivitas. Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi buah nanas.

Di dalam buah nanas terdapat kandungan bromelain dan serat. Kedua zat tersebut bisa bermanfaat untuk sistem pencernaan karena memiliki sifat yang menenangkan pada perut.

Selain Dikonsumsi Langsung, Nanas Bisa Dijadikan Aneka Olahan yang Lezat

Nanas selain bisa dikonsumsi sebagai buah segar juga bisa diolah menjadi aneka hidangan. Sehingga, saat Anda bosan makan buah nanas, ada baiknya Anda mencoba olahan dari buah nanas.

Ada banyak jenis olahan yang bisa Anda coba mulai dari minuman segar, manisan, hingga selai nanas. Nah, khusus untuk selai nanas, Anda bisa konsumsi setiap hari bersama roti.

Baca juga : Star Insight November 2023  

Pemain Baru Timnas U-20 Indonesia dari Keturunan Sudan

Previous article

Siapin Duit, Ini Harga Tiket Konser Jonas Brothers di Indonesia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health