Flash InfoHealthNews

Awas, Marah-Marah Bisa Picu Serangan Jantung!

0
marah marah serangan jantung
ilustrasi serangan jantung (ist)

STARJOGJA.COM, HEALTH – Anda suka marah-marah? Awas , jangan keterusan karena kebiasaan itu bisa memicu serangan jantung.

Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan jika seseorang yang meledak marah-marah walaupun hanya dalam waktu singkat, dapat memicu serangan jantung.

Menurut penelitian yang dilansir dari heart.org itu, ledakan kemarahan yang singkat untuk sementara dapat merusak kemampuan pembuluh darah untuk melebar dengan baik, sebuah fungsi yang diyakini sangat penting dalam mencegah pengerasan arteri.

Temuan yang diterbitkan Rabu di Journal of American Heart Association ini menjelaskan bagaimana kemarahan berkontribusi terhadap risiko serangan jantung.

“Kemarahan berdampak buruk bagi fungsi pembuluh darah Anda,” kata penulis utama studi Dr. Daichi Shimbo, seorang ahli jantung dan salah satu direktur pusat hipertensi di Columbia University Irving Medical Center di New York City.

“Ini merusak fungsi arteri Anda, yang terkait dengan risiko serangan jantung di masa depan.” tambahnya.

Penelitian observasional sebelumnya telah menunjukkan hubungan yang jelas antara emosi negatif termasuk kemarahan, kecemasan dan kesedihan dan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke. Namun sedikit yang diketahui tentang bagaimana emosi ini memicu perubahan dalam tubuh yang menyebabkan kejadian kardiovaskular.

Dalam studi baru ini, 280 orang dewasa muda yang tampak sehat dan tidak memiliki riwayat penyakit jantung atau stroke, faktor risiko terkait, kondisi kesehatan mental yang serius, atau penyakit kronis lainnya direkrut dari komunitas sekitar pusat medis Columbia.

Di laboratorium, peserta diminta untuk bersantai selama 30 menit, setelah itu pengukuran tekanan darah dan detak jantung dilakukan, bersamaan dengan tes untuk mengukur kesehatan sel endotel – kesehatan lapisan seluler bagian dalam pembuluh darah.

Disfungsi endotel telah terlibat dalam perkembangan aterosklerosis, atau pengerasan pembuluh darah, yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Penelitian sebelumnya menunjukkan stres mental dapat mengganggu fungsi endotel. Para peneliti dalam studi baru ini mengeksplorasi seberapa baik pembuluh darah mampu melebar, apakah sel-sel endotel yang melapisi pembuluh darah rusak, dan apakah sel-sel tersebut mampu memperbaiki diri setelah mengalami emosi negatif yang akut.

Setelah pengukuran awal dilakukan, individu secara acak ditugaskan ke salah satu dari empat tugas. Selama periode delapan menit, satu kelompok diminta mengingat dengan lantang kenangan pribadi yang memicu kemarahan. Yang lain diminta mengingat dengan lantang kenangan yang menimbulkan kecemasan.

Kelompok ketiga diminta membacakan kalimat-kalimat yang menimbulkan kesedihan, dan kelompok terakhir diminta menghitung dengan lantang agar tetap berada dalam kondisi netral secara emosional. Tugas-tugas ini dilanjutkan dengan masa istirahat hening yang kedua. Pengukuran tekanan darah dan kesehatan endotel dilakukan lagi pada tiga, 40, 70 dan 100 menit setelah tugas yang dilakukan.

Dibandingkan dengan kelompok yang netral secara emosional, orang yang mengingat kenangan yang memicu kemarahan mengalami penurunan kemampuan pembuluh darah untuk melebar, yang berkurang lebih dari setengahnya. Efek ini mencapai puncaknya 40 menit setelah tugas mengingat kemarahan dan kemudian fungsinya kembali normal.

Meskipun efeknya hanya sementara, Shimbo mengatakan penting untuk dicatat bahwa hal itu terjadi hanya dengan mengingat perasaan marah selama delapan menit, sehingga menimbulkan pertanyaan tentang dampak kumulatif kemarahan terhadap fungsi pembuluh darah dalam jangka waktu yang lebih lama.

“Kami menunjukkan bahwa jika Anda marah sekali saja, hal itu akan mengganggu kemampuan Anda untuk membesar,” kata Shimbo, yang juga seorang profesor kedokteran di Columbia.

“Tetapi bagaimana jika Anda marah 10.000 kali seumur hidup? Penghinaan kronis pada arteri Anda pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan permanen. Menurut kami, itulah yang sedang terjadi.”

Namun, kecemasan dan kesedihan yang dipicu tidak memiliki dampak yang signifikan secara statistik, dan menurut Shimbo, hasil tersebut mengejutkannya. Suzanne Arnold, ahli jantung di Saint Luke’s Health System dan profesor kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas Missouri-Kansas City, mengatakan temuan ini menjelaskan mengapa ledakan kemarahan dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular.

Motor Listrik Honda Makin Diminati Masyarakat Jogja

Previous article

Paket Sehat dan Nikmat di Sepiring Lotek Teteg

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info