EsaiNews

OPINI : Dukungan Masyarakat Diperlukan Dalam Upaya Pembebasan Pilot Susi Air

0
Pilot Susi Air
Ilustrasi pesawat Susi Air

STARJOGJA.COM, Info – Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Theofransus Litaay mengatakan pemerintah daerah setempat menjadi ujung tombak dalam upaya pembebasan sandera Kelompok Separatis Teroris (KST) Papua, Pilot Susi Air Philip Mehrtens. Pemerintah terus melakukan negosiasi, dialog, dan komunikasi dengan KST Papua.

Ditambah pemerintah daerah, khususnya Bupati Nduga, Edison Gwijangge yang adalah tokoh adat yang dihormati warga, sehingga memiliki suatu kewibawaan untuk berdialog dengan KST Papua.

Theofransus juga mengatakan sejauh ini Bupati Nduga, Edison Gwijangge sudah bisa berkomunikasi dengan KST Papua yang menyandera pilot Susi Air. Theofransus menyebut kemajuan tersebut patut diapresiasi. Di samping itu, pihaknya juga memastikan aparat penegak hukum tetap bersiaga dan selalu berjaga demi keamanan.

Phillip Mehrtens disandera oleh KST Papua Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) sejak awal Februari 2023 lalu, setelah pesawatnya mendarat di lapangan terbang Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan. Dalam rentang 10 bulan terakhir, upaya negosiasi guna membebaskan warga Selandia terus dilakukan. Dunia internasional, termasuk berbagai organisasi HAM, bahkan turut mendesak kelompok separatis tersebut agar sang pilot dibebaskan, tetapi tidak digubris.

KST Papua berupaya mendesak dunia internasional agar segera menekan Indonesia, supaya cepat melepaskan Papua supaya merdeka tanpa syarat. Namun desakan dan ancaman itu sama sekali tidak mendapatkan respons dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Bahkan Pemerintah Selandia Baru sekali pun tidak menindaklanjuti permintaan KST Papua tentang kemerdekaan itu.

Kepala Satgas Operasi Damai Cartenz, Kombes Pol Faizal Ramadhani mengatakan, personelnya terus menganalisis penyebaran gambar dan informasi terkait Pilot Susi Air Philip Mehrtens untuk memastikan bahwa hal tersebut memang merupakan dokumentasi terbaru dari sang pilot. Sementara itu, keselamatan tawanan tetap menjadi prioritas utama.

Dukungan masyarakat terhadap upaya pemerintah dalam melakukan negosiasi untuk membebaskan pilot Susi Air yang disandera oleh KST Papua juga semakin meningkat. Masyarakat Papua dari berbagai lapisan dan wilayah menyuarakan solidaritas mereka dan berharap agar situasi ini dapat diselesaikan dengan damai.

Penulis : Thomas Wanggai Mahasiswa Papua di Surabaya

Baca juga : Kolom Opini : Mengutuk Aksi KST Papua Serang Aparat Keamanan dan Tembak Warga Sipil

Bayu

Kebiasaan Mengunyah Permen Karet Bisa Hentikan Kebiasaan Merokok?

Previous article

Film Thriller Sehidup Semati Angkat Tema Kekerasan Rumah Tangga

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Esai