CulinaryLifestyle

Benarkah Sushi Bukan Kuliner Asli Jepang?

0
Sushi Bukan Kuliner Asli Jepang

STARJOGJA.COM, Sushi adalah salah satu makanan lezat nan sehat yang banyak digemari orang. Saat membicarakan asal-usul sushi, sebagian besar orang pasti akan menyebut Jepang sebagai negara asal sushi.

Hal ini tak mengherankan karena sushi begitu identik dengan Jepang. Di negeri sakura itu bahkan terdapat lebih dari 250 ribu restoran sushi. Namun tahukah Anda bahwa sushi ternyata awalnya berasal dari Asia Tenggara?

Mengutip dari Newsd, sushi awalnya berasal dari metode pengawetan ikan dari daerah Asia Tenggara yang kemudian menyebar ke Tiongkok, lalu ke Jepang. Metode pengawetan ikan ini dinamakan narezushi.

Narezushi yang merupakan olahan ikan yang difermentasi dan diawetkan dalam nasi. Narezushi melalui proses fermentasi lakto menggunakan bakteri yang aman dikonsumsi. Proses ini juga seperti yang diterapkan dalam pembuatan asinan kubis, yogurt, dan acar.

Baca juga : Star Insight : Star FM Welcoming 2024 and Thanks to 2023 

Narezushi berasal dari daerah di sepanjang Sungai Mekong di Asia Tenggara. Ini menyiratkan bahwa awal mula sushi mungkin dari Laos, Thailand, Kamboja, Vietnam, atau bahkan China. Untuk diketahui, semua negara itu memiliki akses ke Sungai Mekong.

Fakta lain yang kemudian ditemukan sejarawan, kata narezushi muncul dalam Andas bahasa China abad ke-2. Saat itu narezushi menjadi makanan masa perang yang jadi favorit banyak orang.

Menurut situs Public Broadcasting Service, catatan sejarah menunjukkan bahwa sushi baru ‘tiba’ di Jepang pada abad ke-9. Jadi bisa disimpulkan bahwa negara asal sushi sesungguhnya mungkin bukan Jepang, melainkan China.

Sambutan Rakyat Sumatera saat Hadiri Kampanye Prabowo

Previous article

Pecinta K-Pop dan K-Drama, Ada Visa Khusus Lho

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Culinary