EventNews

83.524 Anggota KPPS di DIY Dilantik Hari Ini

0
Ketua KPU DIY Ahmad Shidqi. (Dok KPU DIY)
Ketua KPU DIY Ahmad Shidqi. (Dok KPU DIY)

STARJOGJA.COM, Sebanyak 83.524 anggota KPPS di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan dilantik secara serentak hari ini, Kamis (25/1/2024).

“Mereka akan bertugas melayani pemilih pada pemungutan dan penghitungan suara 14 Februari 2024 nanti,” kata Ahmad Shidqi, Ketua KPU DIY, dalam siaran persnya.

Para anggota KPPS ini tersebar di 11.932 TPS, 438 Kalurahan, 78 Kepanewon/Kemantren, dan 5 Kabupaten/Kota se DIY.

“Masa kerja KPPS ini akan dimulai sejak 25 Januari hingga 25 Februari 2024 dengan honor Rp1.200.00 untuk Ketua dan Rp1.100.000 untuk anggota. Selain memfasilitasi pemungutan dan penghitungan suara, anggota KPPS juga bertugas mendokumentasikan serta mempublikasikan hasil penghitungna suara di TPS melalui aplikasi SIREKAP (Sistem Informasi Rekapitulasi) yang nantinya bisa diakses oleh publik,” ungkapnya.

Sebagai komitmen KPU terhadap pelestarian alam dan sebagai pengganti pohon yang digunakan untuk kebutuhan logistik pemilu, khususnya surat suara dan formulir-formulir yang digunakan dalam pemilu, pada pelantikan hari ini juga akan dilakukan penanaman pohon oleh setiap anggota KPPS.

“Total pohon yang akan ditanam di wilayah DIY adalah sejumlah 83.524 batang,” jelasnya.

Lebih lanjutnya Ahmad Shidqi  mengatakan, dalam rangka memperkuat pemahaman anggota KPPS terhadap tugas dan fungsinya, maka mulai tanggal 26-29 Januari 2024 akan dilakukan pelatihan atau bimbingan tekhnis tentang pemungutan dan penghitungan suara di TPS.

Lokasi pelantikan sebagian besar di Balai kelurahan, tapi juga tidak sedikit yang di gedung pertemuan dan kampus, seperti KPPS wilayah Umbulharjo dilaksanakan di Graha Wana Bhakti Yasa Gedung KONI DiY, Kompleks Amongrogo yang dihadiri oleh Anggota KPU RI Bapak Dr. Idham Kholik.

Pohon yang dibawa oleh masing-masing anggota KPPS secara simbolis dilakukan penanaman di sekitar lokasi pelantikan.

“Dengan pelatihan tersebut diharapkan terwujudnya profesionalisme dan integritas anggota KPPS dalam melaksanakan tugasnya melayani pemilih, sehingga kekeliruan dalam penghitungan dan pencatatan hasil penghitungan suara nanti juga bisa diminimalisir dengan baik,” jelasnya.

Untuk mencegah jatuhnya korban sakit dan meninggal dunia di kalangan anggota KPPS, kami mengutamakan personil yang berusia di bawah 55 tahun dan dilakukan screening kesehatan meliputi pemeriksaan kolesterol, gula darah dan tekanan darah.

“Tidak berhenti di situ, untuk memantau atau memonitor kesehatan anggota KPPS ini, KPU DIY juga telah bekerjasama dengan Dinas Kesehatan DIY dan Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat UGM. Dengan Ikhtiar tersebut diharapkan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di wilayah DIY pada 14 Februari 2024 akan berjalan dengan lancar dan aman,” pungkasnya.

Baca juga : Star Insight : Star FM Welcoming 2024 and Thanks to 2023

Universitas Atma Jaya Yogyakarta Tambah 5 Guru Besar

Previous article

Cara Sederhana Merayakan Spouse Day atau Hari Pasangan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Event