HealthLifestyle

FKKMK UGM Mengupas Fakta Ginjal Bocor

0
ginjal bocor
penyakit ginjal kronis

STARJOGJA.COM, Info – Mungkin akan banyak pertanyaan jika ada pernyataan tentang ginjal bocor. dr.Hanggoro Tri Rinonce,Ph.D, Sp.PA(K) Subsp. URL, Subs.KA Departemen Patologi Anatomik FK-KMK UGM/ RSUP Dr. Sardjito mengatakan banyak yang salah mengartikan dan memaknai tentang fakta ginjal bocor di masyarakat.

“Bocor dalam arti bocor secara umum itu tidak. Bocor itu terjadi karena kerusakan di dalam ginjal, jadi bukan seperti ada ember ada air terus ember bocor. Bukan seperti itu,” katanya 28 Desember 2023 lalu.

Hanggoro mengatakan penyebab dari ginjal bocor ini bermacam macam. Mulai karena infeksi, atau penyakit.

“Penyakit auto imun dimana tubuh kita menyerang bagian tubuh kita sendiri dan bisa penyakit genetik tertentu,” katanya.

Soal obat obatan dan minuman berenergy dapat menjadi penyebab ginjal bocor menurut Hanggoro harus melihat terlebih dahulu. Namun ia menjelaskan jikalau sesuatu digunakan secara berlebihan maka akan timbul efek apalagi tidak diimbangi air putih yang cukup.

“Misal kita tidak tahu energy drinksnya seperti apa. memang lebih baik banyak minum air putih,” katanya.

Dampak yang dapat dilihat secara langsung ginjal bocor ini karena jarang minum dan urin jadi pekat bahkan ada batu yang menyumbat saluran urin dapat menyebabkan infeksi. Kebersihan saluran kemih kurang baik juga dapat menyebabkan infeksi.

“Wanita lebih sering terkena infeksi saluran kemih. Pembekakan di kaki di sekitar mata kalau keluar darah urin berubah warna, urin berbusa itu tanda ginjal bocor dengan kondisi nefrotik atau nefritik,” katanya.

Hanggoro mengatakan jika tubuh kita membutuhkan air agar metabolismenya baik. Jika kekurangan minum air itu dapat membuat tubuh tidak enak, dan jika dibiarkan lama maka dapat berakibat tidak baik bagi tubuh.

“Kebutuhan minuma air putih 8 gelas perhari, bahwa air tidak hanya didapatkan dari air putih tapi juga dapat dari buah yang mengandung air, sayuran, jadi kurang lebih 2 liter sudah cukup,” katanya.

Senada, dr. Yulia Wardhani, Sp. PD(K)-KGH Departemen Penyakit Dalam – Divisi Ginjal dan Hipertensi FK-KMK UGM/Dr. Sardjito mengatakan penyebab penyakit ginjal bocor dapat dikategorikan menjadi dua jenis. Yaitu primer dan skunder, primer itu karena kelainan di ginjal sendiri.

“Kalau skunder itu ada penyakit lain yang membwa dampak ke ginjal. skunder bisa akibat penyakit kronis yang lain pertma DM, Hipertensi, ada obesitas, bisa infeksi seperti hepatitis HIV, peradangan di tenggorokan bisa berdampak ke ginjal,” katanya.

Penyebab dari ginjal bocor ini bisa karena obat obatan, tumor, tumor saluran kencing dan kelainan darah ang disebut multiple miloma.

“Faktor ini berdampak implikasi menyebabkan dampaknya ke ginjal hilangnya protein dll,” katanya.

“Protein zat dibutuhkan tubuh yang membangun memperbaiki sel yang rusak dan meningkatkan pertahanan tubuh kalau protein ini hilang maka fungsi fungsi kurang maka berurangnya masa otot, imunologi dan dampak perlwanan infeksi melemah,” katanya.

 

Baca juga : Obat Baru untuk Penyakit Ginjal Kronis, Finerenone

Bayu

1 Februari, Hari Hijab Sedunia

Previous article

Mahfud Md Sampaikan Surat Pengunduran Diri ke Presiden

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health