HealthLifestyle

Yuk Kenali Penyebab Overthinking dan Bahayanya

0
Penyebab Overthinking dan Bahayanya

STARJOGJA.COM, Berfikir yang berlebihan di sebut juga dengan overthinking. “Over” yaitu “berlebihan”, “thingking” yaitu berfikir sehingga disimpulkan bahwa overthinking ialah berprilaku berfikir yang berlebihan sebagai suatu reaksi seseorang yang lahir dari berbagai keadaan.

Overthinking berkaitan denan ingatan yang berhubungan dengan masa lalu, bayangan tentang kejadian silam yang pilu, kesalahan yang telah di sesali dan di cemaskan tentang masa depan atau hal yang belum terjadi.

Overthinking merupakan bentuk psychological disorder atau gangguan psikologis karena saat seseorang mengalami overthingking maka gejala yang terjadi juga erat kaitannya dengan dunia psikologi.

Gejala yang timbul seperti cemas, menakutkan, terlalu banyak pertimbangan sehingga merasa diri bimbang memiliki banyak pikiran negatif yang muncul hingga mencoba menjustifikasi sesuatu sehingga memuat orang mengalami hal tersebut semakin bingung, terpuruk, depresi hingga menutup diri.

Tanpa kita sadari, overthinking akan membuang waktu dan menguras energi. Orang yang selalu overthinking akan sulit untuk bertindak. Hal ini dapat membuat kita terjebak dalam anxiety atau mengalami gangguan kecemasan. Gangguan kecemasan sangat nyata dan serius, sama halnya seperti penyakit jantung dan diabetes.

Pada saat seseorang mengalami kecemasan karena overthinking kebanyakkan dari mereka merasa tertekan dan perlu berbicara dengan orang lain. Jika tidak ada orang yang memperhatikan mereka, mereka kemudian akan merasa ditinggalkan dan semuanya akan menjadi lebih buruk.

Karena jika seseorang terlalu banyak berpikir maka dapat menyebabkan seseorang tersebut menilai dirinya sendiri itu secara kabur dan dapat mengakibatkan stres pada individu tersebut. Tanpa disadari dengan berpikir terlalu banyak dapat menimbulkan masalah. Tentunya hal ini berdampak pada terganggunya kreativitas, produktivitas, dan kesehatan.

Faktor Penyebab

Banyak faktor penyebab overthinking. Misalnya masalah keluarga, hubungan, pekerjaan, studi, tekanan, dan lain-lain.

Orang yang terlalu banyak berpikir berlebihan, lebih rentan mengalami kesedihan dan juga pikiran negatif yang berkelanjutan, sehingga hal ini juga membuat individu tidak dapat berdamai dengan dirinya sendiri. Yang lebih buruk adalah, ketika seseorang tidak mengetahui bahayanya dari banyaknya berpikir.

Kebanyakan orang memikirkan sesuatu sambil merenungkan nya tanpa henti, tetapi pada kenyataan mereka justru menyerap pemikiran negatif yang timbul dan mengembangkan pandangan pesimis pada masalah tersebut yang sedang dipikirkan.

Oleh karena itu setiap individu harus mampu mengendalikan pikiran mereka, agar tidak menjadi overthinking.

Dengan hal ini maka dapat membantu individu itu, terhindar dari rasa kecemasan yang muncul akibat dari hal yang mereka pikirkan secara berlebihan. Faktor overthinking juga dapat disebabkan oleh :

  1.   Perasaan takut gagal
  2.   Terlalu perfeksionis
  3.   Kurangnya rasa percaya diri
  4.   Trauma
  5.   Ketidakpastian
  6.   Pola pikir negatif
  7.   Kekhawatiran tentang pendapat orang lain
  8.   Tekanan sosial

Penting untuk mengenali penyebab overthinking dan belajar bagaimana menghadapinya. Bantuan dari professional, seperti terapis atau konselor, dapat membantu individu dalam mengatasi pola piker negatif dan mengembangkan strategi untuk menghadapi ketidakpastian dalam hidup dengan lebih efektif.

Dampak Overthinking

Kebanyakan dari permasalahan overthinking yang dihadapi oleh masyarakat ini disebabkan oleh rasa khawatir karena dari sebagian masyarakat masih sering berpikir mengenai hal yang negatif sehingga mereka mengalami keadaan overthinking ini.

Keadaan dari overthinking ini banyak dari masyarakat yang menyatakan bahwa, hal ini juga bisa terjadi karena faktor pemicu dari lingkungan sekitar mereka yang membuat mereka menjadi overthinking. Overthinking yang berlebih menyebabkan dampak sebagai berikut :

  1.   Kecemasan dan stress kronis
  2.   Gangguan tidur
  3.   Gangguan mood
  4.   Ketidakmampuan mengambil keputusan
  5.   Penuruanan produktivitas

Cara Mengatasi Overthinking

Untuk meredakan rasa kecemasan yang dialaminya menimbulkan kenyamanan yang dirasakan oleh individu sehingga bisa menjadi manusia yang memiliki pikiran yang sehat kemudian memikirkan yang baik.

Manusia yang sehat adalah manusia yang belajar menghadapi dengan cara yang sehat dan produktif untuk menghasilkan pertumbuhan pribadi dan ketenangan dalam cara berpikir yang positif.

Ada beberapa cara untuk mengurangi cara berpikir yang tidak sehat dan efektif untuk mengatasinya :

  1.   Meluangkan waktu untuk diri sendiri (me time) dan dapat menemukan makna dalam pengalaman yang dialami.
  2.   Alihkan pemikiran-pemikiran yang negatif dengan cara memikirkan hal yang menyenangkan.
  3.   Membuat jadwal untuk melakukan 15-30 menit untuk tidak melakukan apapun atau dengan cara meditasi setiap harinya.

Baca juga : Star Insight : Star FM Welcoming 2024 and Thanks to 2023

Sumber : kemenkes

Klinong-Klinong Numpak Andong, Cara BPKH Branding Andong Sekaligus Edukasi Menabung Haji

Previous article

Ini Langkah Untuk Berhenti Merokok

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health