HealthLifestyle

Kerja Shift Malam? Yuk Antisipasi Dampak Buruknya

0
Dampak Buruk kerja Shift Malam

STARJOGJA.COM, Ada beberapa pekerjaan yang mengharuskan karyawannya bekerja shift malam dan begadang. Tahukah Anda, kerja shift malam berdampak signifikan terhadap kualitas dan kuantitas tidur. Selain itu, pekerja shift malam lebih rentan mengalami kesalahan dan kecelakaan.

Dilansir dari timesofindia, ini beberapa dampak buruk kesehatan dari kerja shift malam

Rapid eye movement

Gangguan pola tidur juga berdampak pada tidur REM (Rapid Eye Movement), sehingga membuat tidur mereka kurang nyenyak. Diperkirakan pekerja shift malam lebih rentan terhadap kesalahan dan kecelakaan, terutama pada jam-jam awal shift mereka.

Gangguan pola tidur juga berdampak pada tidur REM (Rapid Eye Movement), sehingga membuat tidur mereka kurang nyenyak. Diperkirakan pekerja shift malam lebih rentan terhadap kesalahan dan kecelakaan, terutama pada jam-jam awal shift mereka. Terganggunya pola tidur juga berdampak pada gerakan mata cepat (REM)

Kesehatan mental

Studi epidemiologi yang diterbitkan dalam jurnal Sleep Medicine telah menunjukkan dampak negatif kerja shift malam terhadap kesehatan mental. Pekerja shift lebih mungkin mengalami kelelahan kronis, kecemasan, dan depresi.

Mereka mungkin juga memerlukan pengobatan dengan obat-obatan psikotropika untuk mengatasi masalah ini. Studi epidemiologi yang ditunjukkan dalam jurnal Sleep Medicine telah menunjukkan efek negatif kerja shift malam terhadap kesehatan mental.

Pekerja shift lebih mungkin mengalami kelelahan kronis, kecemasan, dan depresi. Mereka mungkin juga memerlukan pengobatan dengan obat-obatan psikotropika untuk mengatasi masalah ini.

Masalah sistem pencernaan

Kerja shift malam mengganggu pola makan dan dapat menyebabkan masalah pencernaan. Pekerja shift sering kali mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak dan karbohidrat lebih tinggi karena kurang tidur. Kebiasaan makan mereka seringkali tidak teratur sehingga menyebabkan masalah pencernaan.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Industrial Health menunjukkan bahwa pekerja shift malam lebih mungkin mengalami masalah pencernaan seperti mulas, sindrom iritasi usus besar, dan tukak lambung dibandingkan dengan pekerja siang hari.

Gangguan metabolisme

Kerja shift dikaitkan dengan peningkatan risiko gangguan metabolisme seperti obesitas, kolesterol tinggi, dan tekanan darah tinggi. Irama sirkadian yang terganggu, kualitas tidur yang buruk, dan pola makan yang tidak teratur berkontribusi terhadap gangguan metabolisme tersebut.

Hal ini menunjukkan bahwa pekerja shift memiliki kadar trigliserida dan kolesterol total yang lebih tinggi, sehingga membuat mereka lebih rentan terhadap penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2.

Sistem kardiovaskular dan kanker

Ada hubungan yang kuat antara kerja shift malam dan gangguan kardiovaskular. Pekerja shift memiliki risiko lebih tinggi terkena kondisi seperti penyakit jantung iskemik. Kerja shift dapat meningkatkan risiko jenis kanker tertentu, meskipun mekanisme pastinya belum sepenuhnya dipahami. Terdapat hubungan yang kuat antara kerja shift malam dan gangguan kardiovaskular.

Pekerja shift memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit seperti penyakit jantung iskemik. Kerja shift dapat meningkatkan risiko jenis kanker tertentu, meskipun mekanisme pastinya belum sepenuhnya dipahami.

Baca juga : Star Insight April

Sumber :  Bisnis.com

Hidrosefalus : Apa dan Bagaimana Gejalanya?

Previous article

Chen EXO Akan Rilis Album Mini

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health