CulinaryLifestyle

Milk Bun Thailand, Roti ‘Berbedak’ Susu Bubuk

0
Milk Bun Thailand

STARJOGJA.COM, Thailand memiliki sejuta pesona, termasuk dalam hal kuliner. Banyak kuliner khasnya yang menarik perhatian. Belum lama ini, kreasi dessert kekinian juga populer.

Dessert kekinian yang dimaksud adalah milk bun. Berupa kreasi roti dengan taburan susu bubuk yang rasanya manis lembut.

Kreasi milk bun ini akhirnya viral di TikTok. Banyak netizen yang telah mencobanya, termasuk netizen Indonesia yang penasaran saat melancong ke Thailand.

Milk bun ini ditawarkan oleh kafe dessert di Thailand bernama After You. Kafe ini sudah terkenal di Thailand dan memiliki beragam cabang. Kreasi milk bun yang ditawarkan oleh kafe After You ini berupa Japanese Milk Bun yang teksturnya lembut. Kemudian memiliki isian berupa selai dan taburan susu bubuk yang melimpah.

Milk bun ini juga kerap disebut sebagai snow bun. Karena, taburan susu bubuk yang milky ini mirip seperti salju.

Sensasi susu bubuk inilah yang membuatnya dinamakan milk bun. Roti ini diklaim memiliki tekstur yang sangat lembut seperti kapas. Roti ini disebut-sebut merupakan adaptasi dari milk bun asal Jepang, Hokaiddo milk bun.

Metode khusus

Untuk menghasilkan milk bun yang super lembut ini, milk bun viral Thailand ini dibuat dengan metode tang zhong. Metode tang zhong atau water roux biasanya disebut juga sebagai metode biang atau starter.

Mengutip berbagai sumber, untuk menghasilkan roti yang super empuk dan bisa tahan lama, bahan kering (tepung) dicampur dengan air atau susu dengan perbandingan 1:5.

Adonan ini dididihkan dengan api kecil sampai semua larut dan menyatu kental seperti lem kanji. Inilah yang disebut adonan biang.

Base atau dasar rotinya sendiri sebenarnya adalah roti susu dengan tambahan isian di dalamnya. Isian di dalamnya sendiri bisa disesuaikan, Ketika satu bagian rotinya diambil dan disantap, isian dalamnya yang berupa cream filing yang kental akan mulai keluar. Bayangkan saja isiannya ini mirip seperti cream bomboloni ataupun cromboloni.

Topping susu bubuk di atasnya yang membuat roti ini punya yang powdery yang berbeda. Sensasi makannya pun juga beda. Dijamin mulut bakal langsung blepotan susu bubuk.

Selain rasanya yang enak, unik, dan teksturnya yang lembut, sensasi makannya juga menjadi daya tarik tersendiri.

Baca juga : Star Insight Februari 2024

Micro Cheating, Gejala Selingkuh di Internet

Previous article

Mengenal Saffron, Rempah Paling Mahal di Dunia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Culinary