EsaiNews

OPINI : Mengutuk Keras KST Papua Gugurkan Aparat Keamanan di Puncak Jaya

0
KST papua
Massa membakar ban saat kerusuhan di pintu masuk Jl. Trikora Wosi Manokwari, Senin (19/8/2019). Aksi ini merupakan buntut dari kemarahan mereka atas peristiwa yang dialami mahasiswa asal Papua di Surabaya, Malang dan Semarang. ANTARA FOTO/Toyiban/pras/ama.

STARJOGJA.COM, Info – Masyarakat Papua mengutuk keras Kelompok Separatis dan Teroris (KST) Papua yang telah menyerang aparat keamanan hingga menyebabkan gugurnya seorang prajurit Marinir Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL), Sersan Satu (Sertu) Marinir Ismunandar di Puncak Jaya. Pasalnya, keberadaan aparat keamanan di Papua selama ini telah menjadi pelindung warga dari kekejaman gerombolan separatis tersebut.

Adanya peristiwa penembakan terhadap aparat keamanan oleh KST di Puncak Jaya menandakan bahwa gerombolan tersebut tega bertindak keji kepada siapapun dan terbukti melanggar Hak Asasi Manusia (HAM).

Sertu Marinir Ismunandar sendiri merupakan sosok yang bertugas di medan operasi dengan tantangan cukup berat. Namun, meski dirinya menghadapi tantangan yang berat, akan tetapi dia terus menunjukkan sikap keberanian serta profesionalitas dalam bertugas.

Sertu Ismunandar gugur dalam sebuah pertempuran dengan KST di Distrik Muara, Puncak Jaya Papua. Seluruh kolega, sejawat seperjuangan menggambarkan sosok Sertu Marinir Ismunandar sebagai contoh yang sangat luar biasa dalam hal dedikasi, semangat dan jiwa patriotisme sangat baik di basis maupun di medan tugas.

Sementara itu, Ketua Barisan Merah Putih (BMP) Max Ohee menegaskan bahwa sejatinya seluruh orang Papua merupakan masyarakat yang sangat cinta akan kedamaian, namun karena ulah yang dilakukan oleh KST Papua menjadikan orang lain menilai bahwa seolah masyarakat Bumi Cenderawasih sebagai kelompok yang jahat.
Senada, Ketua Pemuda Mandala Trikora Provinsi Papua Ali Kabiay mengatakan bahwa pihaknya juga mendukung penuh upaya penegakan hukum yang tegas dari TNI dan Polri kepada KST Papua.

Baginya, sudah tidak ada kata ampun lagi bagi gerombolan separatis tersebut yang harus ditindak.

Lebih lanjut, alangkah baiknya pula agar kelompok yang berseberangan dengan ideologi negara itu mampu kembali ke pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Aksi KST Papua selama ini memang sudah sangat merugikan semua pihak dan menyebabkan kedamaian di Bumi Cenderawasih menjadi terancam sehingga pembangunan di provinsi paling Timur Indonesia itu mengalami hambatan.

Penulis : Jhon Kutipai mahasiswa Papua tinggal di Surabaya

Baca juga : Kolom Opini : Mengutuk Aksi KST Papua Serang Aparat Keamanan dan Tembak Warga Sipil

Bayu

BMKG : Cuaca Hari Ini Diprakirakan Cerah Berawan

Previous article

Sleman Gencar Vaksinasi Sapi Cegah Penyakit Antraks

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Esai