FeatureLifestyle

Tips Aman Tinggalkan Rumah Saat Tarawih di Masjid

0
rumah malam hari

STARJOGJA.COM,  Pergi salat tarawih di bulan Ramadan, terkadang membuat kita meninggalkan rumah dalam kondisi. Kala penghuni teledor saat meninggalkan rumah untuk pergi ke masjid, alhasil rumah kebobolan maling.

Semua orang tentu ingin merasa aman dan tenang saat meninggalkan rumah dan salat tarawih. Oleh sebab itu, perlu adanya upaya-upaya pencegahan untuk menghalau maling.

Melansir dari laman SimpliSafe, berikut ini tips aman tinggalkan rumah saat tarawih di masjid.

Penerangan Rumah

Hal yang paling mendasar untuk meningkatkan keamanan rumah adalah memberi penerangan yang cukup. Sebab, rumah yang gelap dapat menandakan rumah tengah kosong serta tersedia banyak area gelap untuk bersembunyi.

Pastikan area pintu masuk dan sekitar rumah selalu terang. Anda juga bisa menggunakan lampu dengan sensor gerak, sehingga sewaktu-waktu bisa tiba-tiba menyala dan menakuti maling yang hendak mendekati rumah.

Sistem Keamanan

Lengkapi rumah dengan sistem keamanan yang mutakhir menggunakan CCTV dan alarm. Terutama dengan sistem yang memungkinkan pengawasan melalui smartphone.

Dengan begitu, Anda bisa mengawasi rumah kapan saja dan di mana saja. Selain merekam aktivitas di rumah melalui kamera pengawas, menambahkan alarm bisa berfungsi untuk menakuti maling dengan bunyi sirene.

Pastikan Mengunci Jendela dan Pintu

Mengunci jendela dan pintu memang terkesan sederhana dan jarang ada yang melupakannya. Akan tetapi, penting untuk tetap memeriksa ulang karena kondisi tertentu bisa memungkinkan kamu lupa mengunci jendela dan pintu.

Misalkan ketika tengah buru-buru karena khawatir telat mengikuti salat tarawih di masjid. Selain itu, jangan sepelekan jendela kecil pun karena tetap bisa menjadi celah untuk maling mengakali masuk rumah.

Buat Rumah Seakan Ada Orang

Penting sekali membuat suasana rumah seakan-akan ada orang meski sebenarnya kosong karena ditinggal ke masjid. Sebab, rumah yang gelap dan sunyi merupakan sasaran empuk bagi para maling.

Anda bisa membiarkan TV atau radio tetap menyala ketika meninggalkan rumah sementara untuk salat tarawih.

Beri Peringatan

Anda bisa memberi peringatan kepada orang yang berniat buruk agar mereka enggan mendekati rumah. Pasanglah tulisan peringatan di pintu atau pagar depan rumah bahwa ada CCTV yang merekam gerakan mereka

Kemungkinan besar, maling akan takut mendekati rumah yang jelas-jelas memiliki sistem keamanan. Tentu maling tidak ingin sampai terekam kamera pengawas karena bisa menjadi bukti di kemudian hari.

Baca juga : Star Insight Februari 2024

Stok Darah dan Kegiatan Donor Darah PMI DIY, Selasa 19 Maret 2024

Previous article

BMKG : Cuaca Hari Ini Diprakirakan Cerah Berawan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature