FeatureLifestyle

Pernak Pernik Ramadhan : Mengenal Sejarah Samosa, Cemilan khas Timur Tengah dan India.

0
Mengenal Sejarah Samosa
Samosa, Cemilan khas Timur Tengah dan India.

STARJOGJA.COM, Samosa (disebut juga sambosa) dikenal sebagai cemilan khas Timur Tengah dan India. Bentuknya segitiga dengan isian yang bervariasi, mungkin sekilas mengingatkan masyarakat Indonesia dengan pastel sebagai salah satu jajanan pasar yang banyak disukai.

Perpaduan antara gurih dan pedas dari rasa samosa tradisional, sangat cocok untuk semua kalangan.

Samosa adalah pastri goreng berbentuk segitiga yang secara tradisional berisi kentang rebus, kacang kapri, bawang bombay, daun ketumbar, panir, maupun daging. Warna kulitnya kuning hingga keemasan ketika digoreng.

Makanan ini terkenal di Timur Tengah, Asia Selatan, dan Asia Tenggara. Ada juga samosa yang diisi dengan sayuran sebagai samosa vegetarian. Salah satu karakteristik lain dari cemilan ini yaitu penggunaan bumbu kari pada bahan isian.

Sejarah Samosa

Samosa dimakan sebagai cemilan oleh para pedagang dan musafir di perkemahan atau tempat istirahat selama perjalanan. Terdapat buku resep masakan Arab yang ditemukan dari abad ke 10 dan tercatat dengan nama “sanbusak”.

Pada faktanya dalam bahasa Persia kata “Samsa” memiliki arti yaitu “Piramid”, sehingga semua mulai bisa terlihat kaitannya. Sebagai catatan bahwa hingga saat ini di Mesir, “Samosa” oleh sebagian orang masih dikenal dengan nama “sambusak”, yaitu hanya berbeda satu huruf m dan n.

Kurang lebih pada abad ke 11 para pedagang muslim mulai membawa samosa dalam perjalanan mereka ke India. Hingga pada abad ke 13, samosa sudah tidak hanya dimakan oleh para pedagang saja, melainkan oleh para pejabat, orang penting dan sultan atau raja.

Amir Khusro (1253-1325), cendekiawan dan penyair kerajaan Kesultanan Delhi menulis sekitar tahun 1300 tentang para pangeran dan kalangan bangsawan yang menyukai “samosa” yang dibuat dari daging, minyak samin, bawang bombay, dan lain lain.

Bahkan pada abad ke 14, seorang penjelajah terkenal Ibn Battuta dalam perjalanannya mencatat bahwa samushak atau sambusak dengan isi daging cincang, kacang badam, kacang pistasio, dan kacang walnut, dihidangkan didalam Istana Muhammad bin Tughluq (Delhi, India) sebelum hidangan ketiga disajikan. Pada saat ini, jenis samosa yang paling laris adalah Samosa Sayur.

Di Indonesia, samosa dipercaya dibawa oleh pada pedagang dari Arab dan Gujarat, lalu kemudian menjadi terkenal sejak diperkenalkan dan dipromosikan oleh restoran Arab dan India. Biasanya di Indonesia disebut dengan sambosa atau samosa serta berisi campuran sayur dengan daging.

Sehingga bisa kita ambil lagi kesimpulan bahwa Samosa berasal dari Mesir lalu menjadi terkenal di India. Ini adalah sebuah sejarah samosa sebagai makanan yang sangat populer namun banyak yang belum mengetahui asal usulnya.

Adaptasi Samosa di Beberapa Negara

Seperti sudah dijelaskan bahwa Samosa memiliki sejarah yang sangat lama dan banyak orang keliru akan sejarahnya ternyata bukan berasal dari India, melainkan dari Mesir. Samosa memiliki banyak adaptasi dan versi di beberapa Negara dan daerah.

Di Timur Nepal, samosa disebut “singadas”, sedangkan wilayah lain menyebutnya samosa. “bajiya” adalah nama lain dari samosa di Maldives yang isinya adalah daging ikan dan bawang.

Lain halnya di wilayah Uzbekistan, Kazakhstan, Kyrgyzstan, dan Xianjiang, samosa dikenal dengan nama “samsas” namun tidak pernah digoreng, melainkan dipanggang.

Sudah diakui bahwa samosa paling enak bisa anda dapatkan di Faisalabad, sebuah kota di Pakistan dimana samosa sangat terkenal dan enak.

Variasi Samosa

Samosa memiliki bentuk, ukuran, isian, dan ketebalan kulit yang tergantung pada resep atau selera orang yang membuatnya. Akan tetapi, hampir semua samosa berbentuk segitiga yang menjadi keunikannya.

Samosa banyak ditemukan di India atau negara sekitarnya dengan di jual pada gerai yang disebut chaat.

Biasanya samosa disajikan bersama saus seperti isian bawang bombay, daun ketumbar, yoghurt, chutney, dan chaat masala. Meski tidak mencakup seluruhnya, namun samosa memiliki beragam variasi yang paling umum di seluruh dunia.

Baca juga : Star Insight Februari 2024

Sepi Penonton, Jennifer Lopez Batalkan Konser

Previous article

Mengapa Bukber Sering Jadi Ajang Pamer?

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature