CulinaryJogjaKULifestyleUniknya Jogja

Pernak Pernik Ramadhan : Kipo, Kue tradisional khas Kotagede Yogyakarta Yang Cocok Untuk Takjil

0
Kipo Kue tradisional khas Kotagede Yogyakarta
Kipo Kue tradisional khas Kotagede Yogyakarta

STARJOGJA.COM, Yogyakarta memiliki banyak kuliner khas yang patut dicoba. Selain, gudeg dan bakpia, kamu pun bisa mencoba kipo. Kipo adalah kue tradisional khas Kotagede Yogyakarta. Jajanan ini dapat ditemukan di Jalan Mondorakan, dekat dengan Pasar Kotagede.

Kipo terbuat dari adonan tepung ketan yang dibentuk bulatan pipih dan diberi isi enten-enten (parutan kelapa yang dimasak dengan gula jawa). Cara memasak Kipo agak lain dengan umumnya kue tradisional Jawa, yakni dengan cara dipanggang.

Nama kipo sebetulnya adalah akronim dari pertanyaan ‘iki opo’. Menurut Dra. Istri Rahayu, pemilik Kipo Bu Djito, nama tersebut tercetus begitu saja, karena Mbah Mangun pun mulanya tidak mengetahui nama kudapanyang dibuatnya.

“Nah dari awal itulah mungkin mereka yang belum pernah melihat baru itu, oh makanan tradisional yang notabene lucu karena bentuknya yang kecil, orang juga belum pernah merasakan. Mereka kan terus bertanya ‘iki opo’, kemudian tercetus nama kipo,” terang Istri.

Memiliki bentuk lonjong, tekstur kenyal, dan juga warnanya yang kehijauan serta isiannya yang terdiri dari parutan kepada dan gula jawa cair. Bahan utama dari kue ini adalah tepung beras yang juga dicampur oleh tepung ketan.

Adonannya kemudian dicampur dengan parutan kelapa, daun suji, dan pewarna hijau alami serta daun pandan. Tujuannya untuk menimbulkan aroma harum khas makanan unik ini.

Adonannya kemudian dicetak pada piring tanah liat lalu dipanggang dengan alas daun pisang. Setelah hampir masak, adonan parutan kelapa dimasukan bersama dengan gula jawa dan dilipat menjadi dua lalu dipanggang lagi hingga matang.

Kipo yang terkenal adalah Kipo Bu Djito Kotagede, karena beliaulah yang pertama kali mengenalkan Kipo kepada masyarakat tahun 1946 dan sekarang usaha tersebut diteruskan oleh anaknya.

Baca juga : Star Insight Februari 2024

BMKG Keluarkan Peringatan Dini, Waspadai Hujan Lebat di Sejumlah Wilayah Ini

Previous article

Stok Darah dan Kegiatan Donor Darah PMI DIY, Jumat 22 Maret 2024

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Culinary