Kab KulonprogoNews

Pembangunan Tanjung Adikarto di Kulonprogo Capai 95%

0
Pelabuhan Tanjung Adikarto Tanjung Adikarta Kulonprogo
Tanjung Adikarto Kulonprogo (ist)

STARJOGJA.COM, Info – Setelah lama menunggu, sepertinya Pelabuhan Tanjung Adikarto mencapai titik terang. Terbaru Penjabat Bupati Kulon Progo Ni Made Dwipanti Indrayanti mengatakan pembangunan Tanjung Adikarto, baik pembangunan fisik fasilitas fungsional dan penunjang sudah mencapai 95 persen.

Saat ini fasilitas pokok yang belum selesai adalah konstruksi pemecah ombak karena belum memenuhi kebutuhan panjang ideal sehingga belum bisa dimanfaatkan untuk operasi kapal.

“Pada tahun 2023 telah disusun kajian pemanfaatan Pelabuhan Perikanan Tanjung Adikarto untuk usaha terkait pariwisata dan budidaya,” kata Ni Made Senin (25/3/2024).

Sementara itu, Kepala Dinas Keluatan dan Perikanan (DKP) Kulon Progo Trenggono mengatakan pada prinsipnya DKP Kulon Progo siap melaksanakan arahan kebijakan pimpinan baik untuk perikanan tangkap, budidaya ataupun kegiatan ekonomi lainnya melalui pemberdayaan masyarakat pesisir.

“Harapannya Pelabuhan Tanjung Adikarto segera dapat difungsikan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Trenggono mengatakan kewenangan pengelolaan Pelabuhan Tanjung Adikarto adalah DKP DIY. DKP Kulon Progo kewenangannya adalah pemberdayaan nelayan kecil.

“Perlu kami sampaikan bahwa Pelabuhan Tanjung Adikarto menjadi kewenangan DKP DIY,” katanya.

Sebelumnya, ia mengatakan Pelabuhan Tanjung Adikarto ini mampu menampung 4.000 kapal. Selain itu, jika beroperasi menjadi pusat ekonomi baru karena membutuhkan sekitar 20 ribu pekerja di sektor perikanan.

“Harapan kami, Pelabuhan Tanjung Adikarto ini juga meningkatkan pendapatan asli daerah di sektor perikanan tangkap,” katanya.

Namun demikian, lanjut Trenggono, pengoperasian Pelabuhan Tanjung Adikarto terkendala pemecah ombak sebelah timur dan barat tidak perlu diperpanjang.

“Hal utama adalah di muara pemecah ombak bebas dari sedimen pasir, sehingga kapal-kapal dapat masuk tanpa terhalang pasir,” katanya.

Sumber: Antara

Baca juga : Melihat Kembali Wabah di Wuhan yang Kini Bernama Covid-19 dari Starjogja

Bayu

24 Anak-Anak Palestina dari Jalur Gaza Ditahan Israel di Penjara

Previous article

152 Petugas KPPS Pemilu 2024 Meninggal Dunia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *