HealthLifestyle

Tips Sehat Ramadhan : Cara Menjaga Kualitas Tidur Saat Menjalankan Puasa Ramadan

0
Tidur Siang

STARJOGJA.COM, Pada bulan Ramadan atau saat berpuasa, pola hidup seorang Muslim berubah, di antaranya pola makan, pola ibadah, hingga pola tidur.  Walhasil, menjaga kualitas tidur selama berpuasa sangatlah penting.

Sahur dengan makanan yang bergizi sangat dianjurkan bagi mereka yang menjalankan ibadah puasa. Namun, sahur dilakukan pada akhir malam yang otomatis mengurangi waktu tidur.

Kualitas tidur yang baik merupakan kondisi ketika seseorang dapat tidur dengan nyenyak dan dalam durasi waktu yang cukup. Memiliki kualitas tidur yang baik membantu menjaga kesehatan fisik dan mental.

Kebutuhan tidur setiap orang tentunya berbeda, tergantung pada faktor usia dan aktivitas yang dilakukan. Umumnya, orang dewasa memerlukan 7-9 waktu tidur per malam.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan penurunan daya pikir, tingkat konsentrasi, dan kemampuan kerja seseorang. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk menjaga kualitas tidur.

Berikut cara menjaga kualitas tidur saat berpuasa di bulan Ramadan, dilansir dari laman Baznas:

Memajukan Waktu Tidur

Mengingat kita akan bangun lebih awal untuk sahur, sebaiknya Anda juga memajukan waktu tidur lebih awal. Misalnya Anda terbiasa tertidur pada pukul 21.00, Anda bisa tidur 1 jam lebih awal, yakni pukul 20.00.

Apabila Anda tidak bisa membiasakan diri untuk tidur lebih cepat saat Ramadhan, maka jam tidur Anda akan berkurang kurang lebih 40 menit karena terbagi waktu sahur.

Jika itu terjadi, maka akan mengurangi durasi tidur pulas Anda. Hal ini berakibat pada badan yang terasa lemas dan terus mengantuk pada siang hari.

Perhatikan Konsumsi Sebelum Tidur

Tidak disarankan untuk tidur saat sangat lapar atau sangat kenyang, karena berisiko untuk kesehatan. Jika Anda baru saja makan besar seperti buka puasa dan sahur, maka jangan langsung tidur setelah makan. Sebaiknya minum air putih dengan cukup.

Buat Lingkungan Senyaman Mungkin

Perhatikan lingkungan tempat di mana Anda tidur, untuk memastikan situasi sekitar tempat kita beristirahat tetap senyaman mungkin untuk tidur. Karena hal ini akan sangat mempengaruhi kualitas tidur.

Hal yang dapat dilakukan ialah membersihkan kasur, memasang aroma therapy, dan lain sebagainya.

Sempatkan untuk Tidur Siang

Jika sudah tidak aktivitas seperti ibadah dan kegiatan dasar lainnya, gunakanlah waktu luang Anda untuk tidur. Contohnya, saat di dalam kereta, Anda bisa menyempatkan untuk tidur.

Selain itu menyempatkan waktu untuk tidur siang dapat bermanfaat untuk menurunkan hormon stres pada tubuh karena kurangnya waktu tidur malam.

Baca juga : Star Insight Februari 2024

Sumber :  Bisnis.com

Jangan Langsung Tidur Usai Sahur, Ini Alasannya

Previous article

Bukan Dari Korea, Ini Asal Gohyong yang Sedang Viral

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health