CulinaryLifestyle

Pernak Pernik Ramadhan : Bubur Lambuk, Sajian Berbuka Puasa Khas dari Malaysia

0
Bubur Lambuk Khas Malaysia
Bubur Lambuk Khas Malaysia

STARJOGJA.COM, Bulan Ramadan memang selalu ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Tradisi atau cara menyambut dan merayakan Ramadan pun berbeda-beda antar wilayah dan negara, khususnya dalam hal kuliner.

Kuliner khas berbuka puasa, juga jadi bagian dari keistimewaan Ramadhan di Malaysia. Acara buka puasa bersama pun jadi tradisi dan diadakan hampir setiap hari di setiap masjid.

Masjid-masjid, memasak dan membagikan sajian istimewa secara cuma-cuma untuk berbuka puasa. Biasanya, salah satu menu yang paling dinanti-nanti adalah bubur lambuk!

Bubur Lambuk adalah sajian khas berbuka puasa di Malaysia. Bubur Lambuk terbuat dari beras, daging sapi, udang, serta sayur-mayur yang dimasak dengan berbagai rempah.

Bubur lambuk yang paling terkenal adalah yang dimasak dan dibagikan di Masjid Jamek, Kampung Baru, Kuala Lumpur. Bubur lambuk Kampung Baru sudah dikenal selama lebih dari 100 tahun hingga dianggap sebagai fenomena budaya kuliner Malaysia.

Di Kampung Baru biasanya bubur lambuk dibagikan secara gratis sekitar pukul 5 sore setelah shalat Ashar.

Uniknya, yang rela mengantre agar bisa mendapat bubur ini sangat beragam. Tidak hanya penduduk Melayu yang beragama Islam dan berpuasa, tapi juga orang-orang Tionghoa dan India yang memeluk agama berbeda-beda.

Jadi bubur lambuk Kampung Baru dibagikan pada siapa saja yang mengantre tanpa mengenal ras maupun agama.

“Mengantre untuk mendapatkan bubur mungkin tampak melelahkan, namun semua upaya tersebut terbayar ketika tiba waktunya untuk berbuka puasa dan menikmatinya bersama-sama,” ujar Datuk Seri Najib Razak, Mantan Perdana Menteri Malaysia yang diketahui juga menggemari bubur lambuk Kampung Baru.

Baca juga : Star Insight Februari 2024

4 Efek Emosional saat Melihat Gerhana

Previous article

BMKG : Sebagian Wilayah Indonesia Berpotensi Hujan Lebat

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Culinary