CulinaryFeatureLifestyle

Pernak Pernik Ramadhan : Kunafa, Kue Tradisional Khas Mesir Saat Ramadhan

0
Kunafa Kue Tradisional Khas Mesir
Kunafa, Kue Tradisional Khas Mesir

STARJOGJA.COM, Mesir merupakan salah satu negara yang mayoritas muslim. Dari sisi sejarahnya, Mesir memiliki peradaban tertua di dunia. Ketika Islam hadir di sini, banyak tradisi yang mengedepankan nilai luhur Islam diantaranya:  maidaturrahman, fanous dan banyak lagi.

Maidaturrahman ialah jamuan berbuka puasa yang dihidangkan oleh masyarakat Mesir secara gratis, hidangan ini terdapat di mesjid-mesjid bahkan jalan-jalan. Sedangkan fanous merupakan lentera hias berbagai ukuran.

Biasanya dipajang di depan rumah dan jalan-jalan setapak. Disebut juga lentara Ramadhan karena biasanya hanya digunakan ketika Ramadhan.

Beberapa hal yang masih dilakukan oleh masyarakat Mesir untuk menyambut Ramadhan, salah satunya membuat kue kunafa. Kunafa merupakan makanan manis yang terbuat dari tepung gandum yang diolah seperti mie kering atau bihun.

Di bagian dalamnya terdapat campuran keju dan kacang-kacangan serta sirup manis dengan toping buah ceri, delima, atau rasperberry.

Dalam literatur disebutkan bahwa kue kunafa ini sudah ada sejak jaman Muawiyah ibn Abu Sufyan, ini termasuk makanan mewah kerajaan pada saat itu. Ada juga riwayat yang mengatakan bahwasanya kue ini baru ada pada masa Fathimiyah, dan sebagian mengatakan permulaannya pada masa Mamalik.

Meskipun teknologi sudah berkembang, dan banyak kue-kue baru bermunculan, kunafa masih menjadi makanan favorit bagi masyarakat Mesir, meskipun kue ini ada dijual sepanjang tahun.

Baca juga : Star Insight Februari 2024

Kebiasaan Pakai “Earphone” dan Bahayanya Bagi Pendengaran

Previous article

Mengapa Lele Jadi Ikan Mewah di Korea

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Culinary