Flash InfoHealth

Cara Mencegah Flu Singapura Saat Mudik Lebaran

0
mencegah flu singapura
demam (ist)

STARJOGJA.COM. HEALTH – Bagi Anda yang tengah menikmati ritual mudik, harus melakukan beberapa pencegahan untuk mencegah penyebaran virus flu Singapura kepada keluarga di kampung halaman.

Virus flu Singapura lebih rentan menyerang balita, anak-anak, dan lansia. Karena kelompok tersebut memiliki kondisi imun yang tidak sekuat orang dewasa.

Persiapkan kondisi fisik tubuh yang maksimal seperti minumlah air putih banyak, konsumsi vitamin secara rutin sebelum melakukan aktivitas mudik, dan istirahat yang cukup. Hal tersebut bisa menjadi cara mencegah penularan virus flu Singapura.

Simak cara mencegah penularan virus flu Singapura saat mudik:

1. Selalu bawa hands sanitizer

Saat melakukan perjalanan, pemudik biasanya memegang benda-benda baru di sekitarnya. Banyak orang yang tidak sadar bahwa benda yang disentuh bisa menjadi sarana penularan virus flu Singapura, dari orang terdahulu yang memegang benda tersebut.

2. Rutin cuci tangan pakai sabun

Virus pilek dan flu dapat menyebar melalui kontak tidak langsung. Seseorang bisa saja bersin dan menutupnya dengan tangan, lalu menyentuh kenop pintu, sehingga meninggalkan virus bagi orang berikutnya yang menyentuhnya. Mencuci tangan adalah cara terbaik untuk mencegah penyakit.

3. Lakukan batuk siku

Bila kondisi Anda sedang kurang fit dan ingin bersin, maka tutuplah batuk dengan siku. Virus bisa saja menempel di tangan kosong Anda. Anda dapat mengurangi penyebaran virus dengan batuk ke siku, bukan ke tangan.

4. Disinfeksi permukaan umum

Virus penyebab pilek dan flu dapat bertahan hidup di permukaan benda umum hingga 48 jam. Jangan lupa untuk menggunakan produk disinfektan di permukaan umum seperti gagang pintu mobil atau gagang pintu minimarket, saklar lampu, dan remote kontrol. Baca Juga : Resep Rendang Empuk Hidangan Saat Lebaran

5. Minum air

Air dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu mencegah Anda terkena flu. Jika Anda sakit, air akan rehidrasi Anda dan mengeluarkan racun dalam sistem Anda.

WHO merekomendasikan : Dewasa mengonsumsi air sebanyak 1–2,4 liter/hari Orang dewasa pada suhu rata-rata tinggi (32°C): 2,8–3,4 liter/hari Dewasa yang cukup aktif: 3,7 liter/hari Anak usia 10 tahun: 1 liter/hari

6. Gunakan masker

Virus flu dan pilek Singapura bisa menular melalui partikel air liur. Batuk dan bersin jadi penyebab utama, jika ada orang di sekitar yang bersin tidak menutup mulut, maka masker akan melindungi Anda. Gunakanlah masker di tempat umum, agar virus tidak langsung menginfeksi tubuh Anda dan mencegah dari penularan virus flu dan pilek.

7. Gunakan barang pribadi

Pakailah barang pribadi karena ini lebih aman, sebab Anda sudah tau kondisi kebersihan barang-barang yang Anda bawa. Jangan lupa bawa tisu dan alat-alat perlengkapa pribadi lainnya.

Cek Kualitas Udara Jakarta Sehari Sebelum Lebaran, Hasilnya?

Previous article

Yuk Olahraga 150 Menit per Minggu Biar Sehat

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info