HealthLifestyle

Hindari! Menu Sarapan Ini Berbahaya Bagi Jantung

0
Edukasi Dan Cegah LGBT

STARJOGJA.COM, Sarapan itu penting. Namun, Anda juga perlu memerhatikan menu makan untuk sarapan. Sebab, tidak semua menu sarapan memiliki nutrisi yang sama.

Beberapa makanan memang menyehatkan, tetapi ada sebagian makanan yang dapat menimbulkan risiko bagi kesehatan jantung. Oleh karena itu, penting memilih menu sarapan terbaik.

Jika Anda ingin mengurangi resiko kesehatan bagi jantung, sebaiknya hindari sarapan dengan menu ini.

Yogurt dengan variasi rasa

Saat ini ada banyak yogurt yang bisa dipilih, mulai dari yogurt original, Greek yogurt, sampai yogurt dengan aneka variasi rasa. Namun, tidak semua yogurt itu diciptakan sama.

Jangan pilih yogurt dengan variasi rasa. Sebab, yogurt ini seringkali mengandung tambahan gula dan perasa buatan. Manfaat kesehatan dari kandungan probiotiknya jadi berkurang.

Oleh karena itu, pilihan paling baik jatuh kepada Greek yogurt asli dengan protein tinggi dan tanpa gula tambahan. Anda bisa menikmati yogurt tawar ini dengan tambahan buah-buahan segar supaya lebih baik untuk kesehatan jantung.

Daging olahan

Beberapa orang senang sarapan dengan daging olahan, seperti kornet atau sosis. Daging olahan memang lebih praktis dan rasanya juga sudah gurih. Namun, menu ini tidak baik untuk kesehatan jantung.

Daging olahan seperti itu mengandung banyak lemak jenuh, natrium, dan pengawet. Dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol dan hipertensi, yang menyebabkan meningkatnya risiko penyakit jantung.

Lebih baik Anda mengolah sendiri daging merah yang fresh. Lebih tinggi protein dan nutrisi lainnya.

Sarapan yang tidak baik untuk jantung lainnya bisa dilihat pada halaman selanjutnya!

Sereal

Banyak sereal sarapan yang dipasarkan sebagai pilihan sehat, Namun, makanan ini bukanlah pilihan sarapan terbaik. Sebab, sereal mengandung gula, pewarna buatan, dan pengawet.

Jika memang ingin menikmati sereal, pilih sereal dengan gandum utuh dan rendah gula. Anda juga bisa memilih oatmeal dan menikmatinya dengan tambahan buah segar yang baik untuk jantung.

Jus buah kemasan

Jus buah juga mungkin tampak seperti pilihan yang bergizi. Namun, tidak seperti buah utuh, jus ini seringkali mengandung tambahan gula dan kurang serat.

Konsumsi jus buah berlebihan dapat menyebabkan lonjakan gula darah dan menyebabkan penambahan berat badan, sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung.

Kalau ingin menikmati jus buah, sebaiknya buat sendiri di rumah. Buatlah jus buah ini dari pilihan buah berkualitas dan tidak perlu ditambah dengan pemanis.

Smoothie kemasan

Selain teh dan kopi, beberapa orang beralih sarapan dengan minum smoothies. Smoothies dianggap menyehatkan karena terdiri dari campuran buah dan sayuran, diblender dengan ampasnya.

Sebagian orang yang malas membuat smoothies kini bisa membelinya di supermarket atau toko komersial. Namun, Anda perlu hati-hati jika beli smoothies kemasan seperti ini.

Tidak menutup kemungkinan smoothies tersebut dikemas dengan gula, sirup, dan perasa tambahan yang membuatnya kurang serat dan nutrisi.

Efek sampingnya bisa memuat gula darah naik drastis dan bisa menyebabkan obesitas, diabetes, hingga penyakit jantung.

Baca juga : Star Insight Maret 2024

Usai Libur Lebaran Saran Praktisi Kesehatan, Vaksinasi Influenza

Previous article

Jadwal Pemadaman Listrik DIY, Rabu 17 April 2024

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health