Kab SlemanNews

Sleman Siap Gelar Festival Dalang Anak dan Remaja

0
Festival Dalang Anak dan Remaja

STARJOGJA.COM,SLEMAN– Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman kembali akan mengadakan Festival Dalang Anak dan Remaja tingkat Kabupaten Sleman. Acara tersebut digelar pada Senin – Kamis (20-23/05/2024).

Festival Dalang Anak dan Remaja tingkat Kabupaten Sleman diikuti oleh putra maupun putri yang berusia 8-15 tahun dan dalang remaja berusia 16-20 tahun. Tahun ini, kegiatan festival dalang memasuki penyelenggaraan keenam kalinya.

Kabid adat tradisi lembaga dan seni Dinas Kebudayaan Sleman Eko Fery mengatakan acara tersebut bertujuan untuk mengembangkan seni tradisional khususnya seni perdalangan dalam bingkai seni kearifan lokal seni budaya dalam rangka mendukung Jogja Istimewa di Kabupaten Sleman.

“Festival Dalang itu pun diikuti oleh 17 orang . Jumlah peserta dalam setiap kategorinya pun mengacu kepada jumlah kapanewon yang ada di Kabupaten Sleman,” jelasnya pada Starjogja.com,Sabtu sore (18/05).

Selain itu sebagai salah satu media pembinaan pada seniman dalang dan memperkenalkan dasar-dasar seni perdalangan Ngayogyokarta Hadiningrat serta mendorong berkembangnya seniman seniwati perdalangan.

“Acara itu juga mencari bibit-bibir unggul di bidang perdalangan,” lanjutnya.

Eko menuturkan bahwa dengan diadakan festival dalam itu,diharapkan Kabupaten Sleman tidak kehabisan dalang. Sehingga acara ini sebagai bagian dari regenerasi.Acara ini bisa disaksikan secara langsung melalui youtube kundha kabudayan sleman

Napak Tilas Perjalanan Pangeran Diponegoro di Goa Selarong

Previous article

Bayer Leverkusen Tidak Terkalahkan hingga Akhir Musim

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman