JogjaKUKab BantulWisata

Napak Tilas Perjalanan Pangeran Diponegoro di Goa Selarong

0
goa selarong diponegoro

STARJOGJA.COM, BANTUL – Nikmati pemandangan alam yang syahdu sekaligus mengenang perjuangan pahlawan di Goa Selarong. Goa ini menjadi saksi perjalanan Pangeran Diponegoro ketika bersembunyi dari kawanan Belanda di tahun 1825 hingga 1830.

Goa Selarong memiliki dua bagian utama di dalamnya, pertama adalah Goa Kakung yang digunakan sebagai tempat beristirahat Pangeran Diponegoro sendiri. Kedua adalah Goa Putri yang digunakan oleh istri Pangeran Diponegoro yakni, RA Ayu Ratnaningsih.

Goa Selarong sendiri berada di deretan pegunungan kapur setinggi 35 meter, tepatnya di Dusun Kembang Putihan, Kelurahan Guwosari, Kapanewon Pajangan, Kabupaten Bantul. Selain tempatnya yang rindang dengan ditumbuhi pepohonan, goa ini juga berada di dekat sebuah air terjun. Katanya, air terjun ini akan semakin cantik terlihat di musim hujan loh!

Selain menyimpan sejarah, Goa Selarong juga dianggap memiliki cerita unik karena dipercaya mampu membuat Pangeran Diponegoro serta pasukannya masuk ke dalam goa tanpa terlihat dari luar.

Setiap tahun, Goa Selarong juga memiliki tradisi rutin bernama Grebeg Selarong yakni, acara arak-arakan keliling desa atas hasil bumi.

Anda dapat mengunjungi goa ini mulai dari 08.00 – 16.00 WIB dan terbuka setiap harinya. Setiap pengunjung juga hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 6.000 saja untuk masuk ke dalam goanya.

Namun, perlu diperhatikan, setiap pengunjung diharapkan dapat menggunakan kendaraan pribadi karena ketidaktersediaan kendaraan umum yang dapat disewa. Terlebih, jarak tempuh Goa Selarong dari pusat Kota Yogyakarta kurang lebih selama 30 menit.

Sumber : Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul

Penulis : Rossa Denninta

4 Rekomendasi Yamie Enak di Jogja

Previous article

Sleman Siap Gelar Festival Dalang Anak dan Remaja

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JogjaKU